Selasa, 18 Juni, 2024

Targetkan 104 Kota Berstatus Lengkap Tahun 2024, Menteri AHY: Kita Optimistis

TajukPolitik – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) optimis mengejar target 104 kota/kabupaten berstatus lengkap se-Indonesia tahun 2024.

AHY menargetkan tanah di 20 kota/kabupaten terdata setiap dua bulan sebagai langkah percepatan untuk mengejar target 104 kota/kabupaten berstatus lengkap.

Kota Lengkap memiliki arti pemetaan tanah yang sudah terdaftar keseluruhan secara resmi di Badan Pertanahan Nasional (BPN). Untuk menjadi Kota Lengkap, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, yaitu seluruh wilayah, mulai dari desa, kecamatan, sampai kota sudah terpetakan dan terdata baik secara tekstual maupun yuridis.

Saat ini, baru ada 15 kabupaten/kota yang berstatus lengkap. Meski begitu, AHY optimistis target tersebut dapat tercapai di sisa masa akhir jabatannya.

“Kalau dilihat baru 15 sesungguhnya yang lainnya on progress, ada yang 70-80% ada yang tinggal sedikit lagi sesuai dengan timeline, kita optimistis,” kata AHY di kantor Kementerian ATR/BPN Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (17/4).

Dia mengakui awal tahun prosesnya lebih lambat karena ada banyak hal yang perlu disiapkan, seperti kesiapan administrasi. Meski begitu, progres tahun ini jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Lebih lanjut, pihaknya telah menyusun strategi untuk mempercepat prosesnya, salah satunya dengan melalui empat tahapan. Dia menargetkan 20 kota/kabupaten berstatus menjadi Kota Lengkap tiap dua bulan.

Dia juga memastikan tiap dua minggu ada pertemuan dari kantor wilayah maupun kantor pertanahan di kota/kabupaten setempat untuk melaporkan progresnya.

“Nah oleh karena itu dari 104 baru 15, sisanya 89. Itu dibagi empat tahapan. Untuk Mei-Juni ada 20an sekian, di bulan Juli-Agustus, September-Oktober. Ada empat tahapan, kita buat gampang ada 20-an yang akan kita deklarasikan,” jelasnya

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!