Hoaks PKS Mundur Dari Koalisi dan Demokrat Gabung PDIP

TajukPolitik – Beredar kabar yang menarasikan bahwa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah mundur dari Koalisi Perubahan sementara Partai Demokrat gabung dengan PDI Perjuangan (PDIP).

Kabar itu disebarkan oleh akun Youtube dengan 817 ribu pengikut bernama POLITIK NUSANTARA melalui sebuah video yang diunggah pada 20 Juni 2023.

“TEPAT MALAM INI !! PKS NYATAKAN MUNDUR DARI KOALISI..DEMOKRAT BERGABUNG KE PDIP..NASDEM TENGGELAM” begitu judul dalam unggahan tersebut seperti dikutip tajukpolitik.com, Kamis (22/6).

Selain itu, unggahan tersebut juga menyertakan gambar thumbnail yang telah direkayasa dengan narasi sebagai berikut:

“TEPAT MALAM INI…!!
PKS NYATAKAN MUNDUR DARI KOALISI
DEMOKRAT BERGABUNG DENGAN PDIP..NASDEM TENGGELAM”

Namun begitu, apakah benar PKS telah mundur dari Koalisi Perubahan dan Demokrat gabung dengan PDIP?

Penjelasan

Setelah melihat unggahan tersebut secara utuh, video itu sama sekali tidak menampilkan tayangan terkait PKS yang mundur dari Koalisi Perubahan.

Video tersebut juga sama sekali tidak menunjukkan bukti bahwa Demokrat bergabung dengan PDIP.

Faktanya, berdasarkan penelusuran, hingga saat ini tidak ada bukti atau pun berita kredibel yang menyatakan PKS mundur dari Koalisi Perubahan dan Demokrat bergabung dengan PDIP.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyatakan ‘TEPAT MALAM INI !! PKS NYATAKAN MUNDUR DARI KOALISI..DEMOKRAT BERGABUNG KE PDIP..NASDEM TENGGELAM’ merupakan klaim yang salah.

Unggahan tersebut merupakan unggahan yang mengandung informasi tidak benar atau hoaks dan narasi menyesatkan.

Partai Demokrat dan PKS sendiri sampai saat ini masih solid bersama koalisi perubahan yang mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024. Bahkan sore ini para petinggi partai di koalisi perubahan bersama-sama melepas keberangkatan Anies Baswedan menunaikan ibadah haji.

Tim Delapan koalisi perubahan pun sudah mengumumkan bahwa pembahasan cawapres Anies baswedan sudah selesai tinggal diumumkan saja oleh Anies sepulang menjalankan ibadah haji.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!