Akui Permasalahan Pertanahan Sangat Kompleks, AHY Tegaskan Butuh Kolaborasi Antar Lembaga

AHY terkait masalah pertanahan

TajukPolitik – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku bahwa permasalahan pertanahan dan tata ruang adalah hal yang kompleks.

“Berdasarkan laporan dan juga pengaduan yang kami dapatkan, ini ragamnya dari mulai terkait dengan overlapping atau tumpang tindih tanah, termasuk yang dilakukan oleh para mafia tanah,” kata AHY dalam acara media gathering di rumah dinasnya, Jakarta, Kamis (18/4).

Oleh karena itu menurut AHY, dibutuhkan kolaborasi antar kementerian dan lembaga guna menyelesaikan masalah tersebut.

“Sehingga masalah tata ruang wilayah yang harus disusun dengan rapi dengan baik, melibatkan berbagai stakeholder berbagai kementerian dan lembaga,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut AHY juga mengatakan akan menggunakan 100 hari pertama kerjanya untuk fokus menyelesaikan masalah di bidang pertanahan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “AHY Anggap Masalah Tanah dan Tata

Oleh karena itu dirinya juga masih belum bisa memenuhi puluhan permintaan interview dari banyak media nasional.

“Karena memang saya niatkan 100 hari pertama ini saya ingin fokus kepada kerja karena saya harus segera memahami kompleksitas permasalahan Kementerian ATR/BPN termasuk juga belanja masalah,” ucap AHY. Salah satu target yang ingin dicapai AHY dalam 100 hari kerjanya adalah menuntaskan pengadaan tanah di IKN.

Per Februari 2024, Kementerian ATR/BPN telah menuntaskan 9 Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan 10 paket pengadaan tanah. Sementara yang masih dalam tahap pengerjaan ada 11 paket pengadaan tanah yang terus diakselerasi penyelesaiannya. “80 persen sudah tuntas (pengadaan tanahnya) masih tersisa 20 persen yang perlu dikawal dengan baik, sehingga harapannya 100 hari kerja Menteri ATR/Kepala BPN yang baru ini bisa kita tuntaskan,” ujar AHY dikutip dari laman resmi Kementerian ATR/BPN pada Kamis (29/2/2024).

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!