Ganjar Pranowo Makin Terjungkal dari Bursa Capres PDIP

TajukPolitik – Analis Politik sekaligus pendiri Indonesia Political Power Ikhwan Arif mengatakan, Ganjar Pranowo semakin terjungkal dari bursa capres PDIP karena Safari Politik Puan Maharani.

“Sejauh ini nama Puan semakin santer di pusat kekuasaan PDIP ” ungkap Ikhwan, Kamis (25/8/2022).

Seperti diketahu peta koalisi Pilpres 2024 masih cair setelah safari politik PDIP dan Partai Nasdem pada Senin, 22 Agustus 2022. Safari politik yang dilakoni Puan Maharani dinilai sebagai branding politik Puan Maharani yang merupakan perpanjangan tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Menurut Ikhwan Arif, Ganjar Pranowo dinilai sebagai capres pilihan relawan politik bukan keterwakilan partai PDIP.

” Antara Puan dan Ganjar keduanya merupakan representasi pilihan politik yang berbeda. Ganjar Pranowo merupakan capres pilihan politik dari sejumlah relawan politik, polanya dari bawah ke atas ‘ bottom up ‘ beda halnya dengan Puan Maharani cenderung merepresentasikan pilihan partai PDIP, polanya dari atas kebawah ‘ top down’,”bebernya.

Dikatakan Ikhwan, keduanya meskipun berada pada pusat kekuatan elit politik yang sama tetapi mempunyai dukungan politik yang berbeda untuk maju sebagai capres.

“Jika PDIP menginginkan berkoalisi dengan partai Nasdem, tentu jatah cawapres ditangan Ganjar karena PDIP melihat ada nama Ganjar pada Deklarasi nama-nama capres pilihan Nasdem. Sebaliknya jika Nasdem maunya Ganjar jadi capres, PDIP akan mencari rekan koalisi lain dengan tawaran yang sama yaitu nama Puan Maharani sebagai capres” ungkap Ikhwan.

Sebelumnya, PDIP juga berencana melakukan safari politik dengan partai politik koalisi pemerintahan Jokowi yaitu Golkar, PAN, PPP, Gerindra dan PKB.

Lebih lanjut Ikhwan Arif mengatakan jika Ganjar Pranowo masih berkeinginan maju sebagai capres di Pilpres 2024 dari sekarang harus menentukan sikap politik dan ketegasan berpolitik.

“Kalau seandainya Ganjar Pranowo berkeinginan maju sebagai Capres 2024, harusnya dari sekarang menentukan sikap politik dan ketegasan berpolitik, kalau tidak ya semakin terjungkal dari bursa pencapresan partai PDIP,” tutup Ikhwan.

Bursa Capres PDIP bakal terkunci oleh Puan Maharani yang didukung penuh oleh struktural partai. Ganjar akan tersingkir dari bursa capres jika tidak memutuskan hengkang dari PDIP.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!