sby diserang hoax

Tajuk Politik – Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhyono lagi-lagi diserang kabar bohong (hoax).

Beredar video yang menarasikan pengakuan SBY telah melakukan korupsi yang muncul di Facebook. Akun tersebut membagikan sebuah video berdurasi 8 menit 18 detik pada 14 Februari 2023 dengan judul: AKH1RNYA SBY AKUI K0RUPS1NYA, KPK DI MINTA J4NGAN S3RET IB4S ATAS D0SA-D0S4NYA.

Dalam thumbnail video tersebut terdapat gambar SBY dengan raut wajah sedih. Kemudian gambar Ibas yang mengenakan rompi tahanan KPK berwarna oranye. Pada unggahan itu terdapat keterangan demikian: BREAKING NEWS AKHIRNYA SBY AKUI KORUPSINYA KPK DI MINTA JANGAN SERET IBAS ATAS KELAKUANNYA.

Berdasarkan penelusuran, dalam video tersebut tidak ditemukan adanya pengakuan SBY terkait korupsi. Narator video hanya membacakan artikel di CNN Indonesia ini, berjudul “SBY Tak Ingin Terus Dikaitkan dengan Proyek Hambalang”. Dalam artikel itu SBY meminta untuk tidak mengaitkan dirinya, keluarganya dan Partai Demokrat dengan kasus Hambalang.

Menurut SBY, masalah hukum terkait proyek Hambalang telah selesai dan saat ini kelanjutan proyek tersebut bukan lagi tanggung jawabnya. Dalam artikel tidak ditemukan informasi mengenai pengakuan SBY telah melakukan korupsi. Sementara itu, beberapa klip juga tidak terkait dengan narasi soal pengakuan SBY.

Kesimpulannya, narasi soal pengakuan SBY terkait kasus korupsi merupakan hoaks. Dalam video yang beredar tidak ditemukan informasi tersebut. Video justru lebih banyak membahas tentang pernyataan SBY yang meminta untuk tidak mengaitkan dirinya, keluarganya dan Partai Demokrat dengan kasus Hambalang.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!