Senin, 24 Juni, 2024

Wacana Pilpres Satu Putaran Menguat, Pengamat: Prabowo-Gibran yang Menang!

Tajukpolitik – Pengamat Politik dari Katadata Insight Center, Mulya Amri, mengatakan wacana Pilpres satu putaran semakin menguat. Bahkan, tiga pasangan capres dan cawapres sama-sama menarasikan Pilpres satu putaran ke publik.

Hal tersebut diperkuat oleh hasil survei yang dilakukan Katadata Insight Center yang dilakukan baru-baru ini.

Sebab, dari hasil surveinya, Mulya membaca potensi satu putaran terjadi apabila pemilih PDI Perjuangan yang mengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD, beralih pilihan kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Hasilnya, dinyatakan bahwa pendukung Ganjar dapat memilih Prabowo dalam Pilpres 2024. Dan ternyata di situ jawabannya 58 persen iya. Jadi masih ada kemungkinan dari pihaknya Prabowo-Gibran untuk terus menarik simpati dari pemilih PDIP,” kata Mulya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/12).

Mulya mengungkapkan, dalam surveinya juga disebutkan sejumlah pendukung Presiden Joko Widodo yang memungkinkan untuk memilih paslon nomor urut 2 pada Pilpres 2024.

“Kemudian kita tanya lagi, bagaimana orang-orang yang pemilih Jokowi apakah menurut anda akan mengalihkan dukungannya atau memastikan dukungannya ke Prabowo-Gibran. Dan jawabannya 63% bilang iya,” ujar Mulya.

“Jadi Prabowo-Gibran punya banyak ruang, bahkan saya bilang untuk mengambil kantong-kantong tadi. Jadi ada kemungkinannya untuk naik ke atas, ada. Sama seperti paslon-paslon lain ada kemungkinan naik ke atas, tapi kalau kita lihat secara statistik paling memungkinan ya paslon Prabowo-Gibran,” tambahnya.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Hasan Nasbi merespons diwacanakannya pilpres satu putaran oleh dua pasangan capres-cawapres lainnya.

Hasan mengamati baik Anies-Muhaimin maupun Ganjar-Mahfud sama-sama menyuarakan Pilpres 2024 satu putaran, baik ketika momen kampanye atau bahkan ketika di pengambilan nomor urut pasangan capres-cawapres.

“Di antara semua kandidat secara bersamaan punya ide yang sama, mau satu putaran dan mereka yang menang. Tidak apa, itu wajar. Kita juga ingin satu putaran,” kata Hasan.

Hasan mengklaim pihaknya tidak mempersoalkan apabila narasi satu putaran disampaikan oleh pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, ataupun pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Namun, Hasan mengkhawatirkan apabila Prabowo-Gibran atau tim kampanyenya yang menarasikan Pilpres 2024 satu putaran.

“Kita tidak masalah mereka (wacanakan) satu putaran. Yang (jadi) masalah kalau kita narasikan satu putaran, dibilangnya curang lah,” ungkap Hasan.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!