Minggu, 23 Juni, 2024

Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran, Anies Baswedan Sebut Prabowo Seorang Patriot

TajukPolitik – Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran).

Ucapan disampaikan Anies Baswedan usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Anies-Muhaimin berharap Prabowo-Gibran bisa membayar kepercayaan rakyat.

“Kami sampaikan kepada Pak Prabowo dan Pak Gibran. Selamat menjalankan amanat konstitusi, selamat bekerja menunaikan harapan rakyat yang kini diembankan di atas pundak bapak-bapak berdua,” kata Anies dalam rekaman video di kanal YouTube Anies Baswedan, Senin (22/4).

Anies menyebut Prabowo sebagai seorang patriot yang berasal dari keluarga intelektual terpandang. Dia percaya Prabowo paham rambu-rambu dalam menjaga demokrasi.

Dia mengingatkan Prabowo menjamin kebebasan berpendapat saat menjabat presiden. Anies juga berharap Prabowo menghargai posisi oposisi dalam kehidupan negara demokrasi.

Selain itu, Anies berharap Prabowo menjamin kebebasan pers sebagai pilar keempat demokrasi. Terakhir, ia berharap Prabowo menghormati tiga cabang kekuasaan negara demokrasi, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

“Sebagai seorang patriot terdidik, saya percaya Pak Prabowo akan mengembalikan dan akan menjaga nilai-nilai demokrasi ini,” ujarnya.

Anies berkata salah satu prinsip demokrasi adalah transisi kepemimpinan yang damai. Dia dan Cak Imin mendukung proses tersebut.

“Kami memilih untuk menjadi bagian yang terus menjaga, terus membangun mutu demokrasi di Indonesia,” ucap dia.

Sebelumnya, MK menolak gugatan sengketa pilpres yang diajukan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud. MK menyatakan dalil-dalil para pemohon tidak beralasan menurut hukum.

Dengan putusan itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024. Penetapan dilakukan di Jakarta pada Rabu (24/4).

Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juga sudah menyampaikan selamat kepada Prabowo-Gibran usai MK membacakan gugatan. Ganjar mengatakan putusan tersebut sudah final dan proses hukum gugatan pilpres sudah selesai.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!