Selasa, 18 Juni, 2024

Tak Lagi Punya Nilai Jual, Ahmad Syaikhu Minta Anies Dukung Kader PKS di Pilgub DKI Jakarta

Tajukpolitik – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meminta Anies Baswedan untuk mendukung kader PKS dalam pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, menanggapi kemungkinan PKS untuk mengusung kembali Anies Baswedan sebagai calon gubernur (cagub).

Syaikhu menyatakan bahwa ia tidak ingin mendegradasi Anies, yang kini sudah menjadi tokoh nasional, kembali menjadi tokoh daerah dengan maju pada Pilkada Jakarta.

Untuk itu, Syaikhu pun meminta Anies untuk mendukung kader PKS yang ingin maju menjadi cagub DKI Jakarta.

Sementara itu, menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin, meskipun Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota, posisi gubernur di Daerah Khusus Jakarta (DKJ) tetap penting dan dapat menjadi batu loncatan menuju pilpres di masa depan.

“Meskipun ibu kota sudah pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN), sampai sekarang belum ada pilkada di sana. Tanpa pilkada, tidak ada saingan. Kunci politik masih di DKJ. Selain itu, DKJ tetap menjadi pusat ekonomi, pendidikan, dan bisnis. Jadi masih sangat menarik bagi partai politik,” kata Ujang.

Mengenai kemungkinan Anies Baswedan kembali maju pada Pilgub DKI Jakarta, Ujang melihat hal tersebut cukup sulit. Partai-partai pendukung Anies pada pilpres sebelumnya belum menunjukkan sinyal untuk mengusungnya kembali.

Selain itu, Anies akan berhadapan dengan kandidat yang didukung oleh pemerintah, yaitu kandidat yang mendapat dukungan dari Prabowo dan Jokowi.

“Kita tahu Anies pada pilpres lalu memiliki persoalan dengan Pak Prabowo. Hambatan terbesar bagi Anies adalah pihak-pihak yang berseberangan dengannya, terutama pihak yang menang dalam pilpres lalu,” tambah Ujang.

Posisi gubernur DKI Jakarta memang masih sangat strategis, meskipun status ibu kota sudah berpindah.

Anies Baswedan, sebagai tokoh nasional, menghadapi tantangan besar jika ingin kembali ke kancah politik daerah. Partai-partai politik dan kandidat yang didukung pemerintah menjadi hambatan yang harus dihadapi.

Dengan dinamika politik yang terus berkembang, Anies Baswedan dan para pendukungnya harus mempertimbangkan langkah strategis untuk masa depan karier politiknya.

Dukungan dari berbagai pihak, termasuk partai politik besar, akan sangat menentukan langkah selanjutnya dalam karier politik Anies Baswedan.

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!