Minggu, 23 Juni, 2024

Survei Ipsos Public Affairs Prabowo-Gibran 42 Persen, Ganjar-Mahfud dan Anies-Imin 22 Persen

TajukPolitik – Lembaga riset internasional Ipsos Public Affairs merilis hasil survei elektoral pasangan capres dan cawapres, yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dari pasangan lain dengan angka elektabilitas 42,66 persen.

Prabowo-Gibran susul pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan elektabilitas sebesar 22,95 persen dan pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 22,13 persen.

“Dalam simulasi 3 kandidat perolehan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menempati posisi teratas disusul Ganjar Pranowo,-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan tidak jawab sebesar 12,26 persen,” kata Deputi Direktur Ipsos Public Affairs Sukma Widyanti dalam siaran perse yang diterima di Jakarta, Senin (11/12).

Pengamat politik Ipsos Public Afffairs Arif Nurul Imam dalam tanggapannya menyampaikan, profil menarik adalah pada mereka yang masih belum menentukan pilihan yaitu 12,26 persen. Sebab, sebesar 9,15 persennya adalah pemilih Jokowi-Ma’ruf, dan 1,25 persen adalah pemilih Prabowo-Sandi.

“Pergeseran peta elektabilitas, paska resmi berpasangan ketiga pasangan calon terjadi perubahan signifikan, dimana Prabowo-Gibran melonjak signifikan, sementara Ganjar-Mahfud mengalami terjun bebas dan Anies-Muhaimin mengalami kenaikan tipis,” kata dia.

Menurut Arif, melonjaknya elektabilitas Prabowo-Gibran dipicu persepsi publik bahwa dukungan Jokowi hampir pasti diberikan kepada pasangan calon nomor urut 2, sehingga menjadi magnet bagi pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin 2019 untuk memberikan dukungan.

Sementara itu secara alamiah, elektabilitas Ganjar-Mahfud MD mengalami kemerosotan signifikan lantaran basisnya yang berasal dari pendukung Jokowi, sebagian besar mengalihkan dukungan pada Prabowo- Gibran.

Sementara itu survei elektabilitas calon presiden (capres) yang dirilis Litbang Kompas mengungkap elektabilitas Anies Baswedan mulai menempel ketat Ganjar Pranowo di peringkat tiga dan dua.

Selisih antara keduanya per survei Desember 2023, atau sekitar dua bulan menjelang pemungutan suara, hanya 0,6 persen. Anies di peringkat ketiga mendapat elektabilitas sebesar 17,4 persen dan Ganjar di peringkat kedua dengan 18 persen.

Sedangkan, Prabowo yang berada di peringkat pertama, unggul dengan elektabilitas mencapai 39,7 persen. Litbang Kompas mencatat perubahan signifikan pada tingkat elektabilitas capres tanpa pasangan cawapres.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!