Senin, 24 Juni, 2024

Survei Indikator Publik Nasional Elektabilitas Prabowo-Gibran 50,2 Persen

TajukPolitik – Survei Indikator Publik Nasional merilis survei tingkat elektabilitas Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan suara 50,2%.

Elektabilitas 3 nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mengungguli paslon paslon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin),  nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Survei digelar selama 3-11 Desember 2023 yang melibatkan sebanyak 1.670 responden tersebar secara proposional di 34 provinsi. Responden merupakan warga berusia 17 tahun ke atas atau sudah memiliki KTP.

Teknik sampling dan teknik pengumpulan data yakni multistage random sampling dan wawancara langsung dengan bantuan kuesioner. Margin of error diklaim +- 2,4% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Peneliti senior Indikator Publik Nasional, Ike Sihotang, memaparkan elektabilitas kubu Anies-Cak Imin (AMIN) sebesar 22,7%, Prabowo-Gibran 50,2%, dan Ganjar-Mahfud 23,1%.

“Pertarungan pilpres berpeluang besar hanya berjalan satu putaran saja. Saat waktu tersisa dua bulan kurang, elektabilitas paslon Prabowo-Gibran telah berada di angka 50,2%. Hampir pasti dalam waktu tersisa sampai hari H pencoblosan Paslon no urut 2 akan memeroleh angka di atas 50,0% sehingga akan keluar sebagai pemenang dalam satu putaran saja,” kata Ike dalam pemaparannya via daring, Sabtu (23/12).

Ike mengatakan paslon nomor urut 02 mendapat serangan narasi soal sikap mendukung keberlanjutan program Jokowi dari kubu rival. Menurut Ike, hal ini tidak berpengaruh signifikan pada elektoral paslon nomor urut 02.

“Serangan terhadap paslon no urut 2 dengan narasi kontuinitas pembangunan Jokowi dan playing victim dengan men-downgrade pemerintahan Jokowi terlihat cenderung dilakukan oleh dua paslon lain. Namun kelihatannya tidak efektif dalam menaikkan dukungan elektoral,” ujar Ike.

“Apalagi paslon no urut 1 yang positioning sebagai oposisi untuk meraih dukungan dengan narasi perubahan dan mungkin membingungkan public karena ternyata parpol yang mengusung masih jadi bagian dalam blok pemerintahan Jokowi. Hal tersebut juga terjadi pada paslon no urut 3,” imbuhnya.

Berikut rincian elektabilitas paslon Pilpres 2024 menurut survei Indikator Publik Nasional:
– Anies-Cak Imin 22,7%
– Prabowo-Gibran 50,2%
– Ganjar-Mahfud 23,1%
– TT/TJ 4%

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!