Soroti Petisi Akademisi Kampus Terhadap Pemerintah, SBY: Menuduh Pilpres Pasti Curang Hal Berlebihan

sby tanggakapi akademisi kampus

TajukPolitik – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyoroti petisi dari sejumlah akademisi kampus kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) jelang Pemilu 2024. Gerakan dari beberapa rektor, guru besar, serta mahasiswa ini menyuarakan pentingnya pemilu yang damai, jujur, dan adil.

“Secara implisit mereka khawatir jika Pemilu 2024 tidak berlangsung secara damai, jujur, dan adil,” ungkap SBY dalam pidato politik bertajuk Indonesia 5 Tahun ke Depan, di Cibubur, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (8/2).

Di sisi lain, SBY menilai terdapat pernyataan politik yang berlebihan. Salah satunya jika pemilihan presiden hanya berlangsung satu putaran, berarti curang dan jika agenda tersebut curang, maka rakyat tidak akan terima sehingga negara harus siap-siap mengalami kekacauan.

“Situasi ini tidak terjadi di empat pemilu sebelumnya,” terang SBY.

Menurut SBY, kondisi ini tidak terjadi dalam pemilu 20 tahun terakhir sejak era reformasi digelar.

“Pendapat saya, menuduh apalagi memastikan bahwa pilpres ini pasti curang dan karenanya hasilnya pasti akan ditolak, tentulah berlebihan. Namun, di sisi lain, mengabaikan suara-suara di luar yang khawatir pilpres bakal curang, tentu juga tidak bijak,” ujarnya.

SBY lantas mengatakan bahwa seluruh masyarakat ingin pemilu yang sah dan adil.

Dengan keabsahan, menurutnya, pemimpin yang baru memiliki legitimasi yang kuat dan akan mengantarkan kesuksesan dalam mempimpin Indonesia lima tahun ke depan.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh elemen masyarakat memastikan pemilu berlangsung secara jujur dan adil.

“Negara beserta segala perangkatnya harus netral, saya pikir ruang untuk (netral) itu tersedia, negara utamanya para penyelenggara pemilu tentu bertanggungjawab penuh untuk memastikan berlangsungnya pemilu yang jujur dan adil itu,” kata SBY.

Sebagai informasi, sejumlah akademisi kampus mengkritik sikap demokrasi di Pemerintahan Jokowi yang dianggap mengalami kemunduran dan menuntut Pemilu 2024 yang jujur serta adil

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!