Sikap Demokrat Setelah Gabung KIM, SBY: Yang Baik Dilanjutkan, Yang Kurang Baik Diperbaiki

SBY tegaskan sikap Demokrat setelah bergabung dengan KIM

Tajukpolitik РKetua Majelis Tinggi Partai Demokrat yang juga Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menegaskan sikap Demokrat setelah bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

SBY menyebut sikap Demokrat akan tetep konsisten mengusung agenda perubahan dan perbaikan.

“Ada yang bertanya bagaimana Demokrat setelah bergabung dengan KIM. Apakah akan tetap mengusung agenda perubahan atau sekarang agenda kelanjutan/kesinambungan?,” ujar SBY menirukan berbagai pertanyaan masyarakat.

SBY pun menjawab jika beberapa kali Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan sejak awal bahwa Demokrat memang mengusung agenda perubahan dan perbaikan, tetapi hal-hal yang sudah baik yang telah dibuat dan diwariskan sejak Presiden Soekarno, Presiden Soeharto, Presiden Habibie, Presiden Abdurrahman Wahid, Presiden Megawati Soekarnoputri, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan Presiden Joko Widodo sekarang ini yang baik-baik akan dilanjutkan dan dipertahankan.

“Juga pilar-pilar yang dasar kehidupan bernegara, Pancasila, NKRI, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan tatanan-tatanan yang menjadi konsesus nasional tentu dilanjutkan. Harus kita lanjutkan. Itu jelas,” ungkap SBY.

Jadi, lanjut SBY, elemen-elemen nasional yang diusung Partai Demokrat ada unsur kesinambungan dan kelanjutannya.

“Namun demikian, lima tahun kedepan tantangan-tantangan baru, persoalan baru. Oleh karena itu, tidak ditampik perlunya perubahan dan perbaikan. Itu menjadi tugas pemimpin baru, kapan pun dan di negara mana pun,” tegas SBY.

SBY pun menceritakan jika presiden saat ini, Joko Widodo, melakukan hal yang sama yang diusung oleh Partai Demokrat.

“Dulu, Pak Jokowi ketika menjadi presiden sejumlah kebijakan yang saya jalankan karena situasi berubah, permasalahan berkembang, juga dilakukan penyesuian. Dan itu sah dan benar,” kata SBY.

“Demikian juga pikiran Demokrat nanti. Ada sejumlah kebijakan, solusi yang butuh perbaikan karena kami melihat tahun-tahun terakhir ini ada sejumlah persoalan yang memerlukan solusi, memerlukan pendekatan yang tepat, dan juga penyesuaian-penyesuaian,” jelas SBY.

“Jadi, hal yang baik akan kami pertahankan. Demokrat konsisten dari dulu memang ada unsur kesinambungannya, tapi juga ada unsur perbaikannya,” pungkasnya.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!