Selasa, 18 Juni, 2024

Segera Panggil KPU, DPR akan Evaluasi Pemilu hingga Bahas Dugaan Asusila Hasyim Asy’ari

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Tajukpolitik¬†–¬†Ketua Komisi II DPR RI dari Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, buka suara soal dugaan asusila yang menjerat Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari.

Doli menyebut pihaknya akan melakukan evaluasi terkait kinerja Hasyim.

Adapun evaluasi kinerja tersebut nantinya dilakukan melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP) pada 15 Mei 2024 mendatang.

“Ya itu nanti salah satu yang kita evaluasi kan itu (soal dugaan asusila yang menjerat Hasyim),” ujar Doli kepada wartawan di Kompleks Kemensetneg, Jakarta Pusat Jumat (26/4).

Selain kinerja Hasyim, dalam RDP itu pihaknya juga akan mengevaluasi penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Kalau mau bicara tentang evaluasi pemilu ini kan bukan hanya pelaksanaan pemilunya, tapi juga penyelenggaraannya, perilaku penyelenggaranya seperti apa, ini banyak nanti yang muncul itu. Rencana nanti (RDP) kita tanggal 15 Mei,” jelas Doli.

Doli sendiri enggan merespons lebih jauh terkait dugaan asusila yang menjerat Hasyim. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Nanti kita lihat DKPP saat raker nanti ngomongnya apa. Kan mungkin kalau 15 Mei sidang mereka sudah selesai itu,” pungkas Doli.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena diduga melakukan tindakan asusila terhadap salah satu Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Laporan itu dilayangkan oleh Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) dan LBH Apik.

“Pada hari ini kita melaporkan Ketua KPU ke DKPP atas pelanggaran etik integritas dan profesionalitas yang diduga melibatkan tindakan-tindakannya dalam membina hubungan personal, hubungan romantis dengan seorang PPLN di luar negeri,” kata Aristo Pangaribuan kepada wartawan di DKPP, Kamis, 18 April 2024.

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!