Sayangkan Banyak Perusakan APK, SBY: Pengawas dan Aparat Harus Bisa Lindungi dan Amankan APK

SBY komentari perusakan APK

TajukPolitik – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyayangkan temuan di lapangan soal perusakan alat peraga kampanye (APK).

Saat terjun untuk berkampanye, ia mengaku melihat sendiri perusakan dan penghilangan sejumlah baliho parpol dan caleg di sejumlah daerah.

SBY menambahkan dalam kurun waktu dua bulan ini, ia telah mengunjungi 85 kabupaten/kota terutama di Pulau Jawa.

“Ke depan, para pengawas pemilu dan juga aparat penegak hukum harus bisa melindungi dan mengamankan APK itu,” kata SBY dalam pidato politik ‘Indonesia 5 tahun ke depan’ di Cibubur, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (7/2).

SBY meminta agar perlindungan dan pengamanan dilakukan terhadap semua APK milik pasangan capres-cawapres manapun, milik para caleg siapapun, dan milik semua partai politik.

“Jangan biarkan terjadi benturan fisik di lapangan akibat perusakan APK ini, lantaran tidak adanya perlindungan dari pengawas pemilu serta aparat keamanan dan penegak hukum,” kata dia.

Lebih lanjut, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu juga menyentil para penyelenggara pemilu yang menurutnya lebih menitikberatkan pada pemilihan presiden.

Padahal, pada 14 Februari mendatang rakyat juga akan memilih parpol serta memilih anggota DPR RI, DPD RI dan DPRD untuk masa bakti lima tahun ke depan.

“Kita sering mendengar kata-kata ‘jangan salah memilih pemimpin’. Semestinya juga ‘jangan salah memilih wakil-wakil rakyat di parlemen’, juga ‘jangan salah memilih partai-partai politik’. Ini semua mesti diterjemahkan dalam sistem dan aturan pemilu yang tepat,” ujar SBY.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!