Selasa, 18 Juni, 2024

Quick Count Charta Politika Prabowo-Gibran Menang 35 Provinsi, Yunarto: Paslon 02 Menang Satu Putaran

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

TajukPolitik – Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan pasangan nomor 02 Prabowo-Gibran menang satu putaran dalam pilpres 2024.

Pasangan calon presiden-wakil Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendominasi hasil perolehan suara sementara Pilpres 2024 berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei.

Paslon yang diusung Koalisi Indonesia Maju ini diprediksi menang hanya dalam satu putaran. Perolehan suara paslon ini menembus di atas 55 persen di sejumlah survei.

Namun, terdapat beberapa provinsi yang menunjukkan Prabowo-Gibran harus menelan kekalahan. Beberapa provinsi itu yakni, Aceh, Sumatera Barat, dan DKI Jakarta.

Berdasarkan quick count Charta Politika, perolehan suara Prabowo-Gibran tercatat kalah di Aceh dan Sumatera Barat. Menurut Charta Politika, Prabowo-Gibran meraih suara sebesar 45,78 persen dari 83,78 persen total data yang masuk di Aceh.

Prabowo dikalahkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang meraup 52,06 persen suara. Sementara itu, Ganjar Pranowo-Mahfud MD di posisi terakhir hanya dengan 2,16 persen suara.

Kemudian, di Sumatera Barat, Charta Politika mencatat Prabowo-Gibran kalah dengan perolehan suara sebesar 42,63 persen dari total 100 persen data yang masuk.

Anies-Muhaimin memenangi wilayah Sumatera Barat dengan 52,42 persen suara. Ganjar-Mahfud menduduki posisi terakhir dengan raihan suara sebesar 16,50 persen.

Selain itu, Charta Politika juga mencatat suara Prabowo-Gibran kalah di DKI Jakarta. Mereka bersaing ketat dengan Anies-Muhaimin yang menduduki posisi pertama.

Anies-Muhaimin berhasil meraup suara sebesar 41,88 persen dari total 100 persen data yang masuk. Sementara Prabowo-Gibran merengkuh 41,62 persen suara.

Ganjar-Mahfud menduduki posisi terakhir di DKI Jakarta dengan 16,50 persen suara.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan pasangan nomor 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang satu putaran versi hitung cepat atau quick count.

“Sudah bisa menjawab, sudah bisa dideklarasikan pasangan 02 itu akan unggul,” kata Yunarto, dikutip dari YouTube KompasTV, Rabu (14/2).

“Bisa dideklarasikan secara statistik paslon 02 akan menag satu putaran versi quick count,” kata Yunarto.

Hasil hitung cepat berasal dari survei dan bukan hasil penghitungan resmi. Jumlah suara resmi tetap menunggu penghitungan dan rekapitulasi suara manual oleh KPU.

Hasil dari Litbang Kompas, PRC, Poltracking Indonesia, Charta Politika Indonesia, LSI, serta Voxpol Center Research & Consulting sebenarnya tidak jauh berbeda dan kemenangan mutlak tetap diraih oleh Prabowo-Gibran.

Enam lembaga itu telah terdaftar dan terverifikasi sebagai 83 lembaga survei atau jajak pendapat dan penghitungan cepat hasil Pemilu 2024 oleh KPU.

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!