Senin, 24 Juni, 2024

Pondok Pesantren Ploso Dukung Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

TajukPolitik – Pondok Pesantren Ploso, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menyatakan dukungan kepada pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka agar menang satu putaran dalam Pemilu Presiden 2024.

Dukungan itu disampaikan secara langsung oleh sesepuh Pondok Pesantren Tarbiyatul Quran (PPTQ) Al Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri K.H. Umar Faruq kepada Ketua Lakpesdam NU Nonaktif Erick Thohir di pesantren tersebut, Selasa.

Erick meminta doa serta dukungan dari para masyayikh dan santri agar pasangan calon 02 itu bisa sukses dalam kontestasi 14 Februari 2024. Permintaan doa itu langsung disambut positif oleh K.H. Umar Faruq.

“Semoga apa hajat dan yang diinginkan Pak Erick bisa dikabulkan Allah SWT,” kata K.H. Umar Faruq di Kediri.

Dukungan pondok pesantren tersebut juga disampaikan dalam Maklumat Ploso yang digelar di pesantren itu. Selain Pesantren Ploso, ada Pesantren Tebuireng Jombang dan Pesantren Lirboyo Kota Kediri juga telah menyatakan doa dan dukungan pada pasangan Prabowo-Gibran untuk memenangkan Pemilu Presiden 2024.

Pondok Pesantren Tarbiyatul Quran (PPTQ) Al Falah, Desa Ploso, Kabupaten Kediri tersebut juga dikenal sebagai pesantren yang memiliki alumni berpengaruh di seluruh Nusantara. Sejumlah alumninya bahkan telah mendirikan pesantren-pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Pesantren Tebuireng Jombang nyatakan dukungan untuk Prabowo-Gibran
Baca juga: Ratusan guru di Demak deklarasikan dukungan untuk Prabowo-Gibran

Dukungan dari pesantren ini semakin mengukuhkan posisi Prabowo-Gibran menjelang Pemilu Presiden 2024, yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024. Sebagai pesantren yang punya massa besar, terutama di Jawa Timur, dukungan pesantren ini dinilai akan sangat signifikan dalam mengumpulkan suara dari kalangan santri.

Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!