Senin, 24 Juni, 2024

Perolehan Suara Sementara Partai Demokrat di Pemilu 2024 Melebihi 7 Persen

TajukPolitik – Berdasarkan hasil quick count berbagai lembaga survei per hari ini, Jumat 16 Februari 2024 Partai Demokrat sudah mendapatkan lebih dari 7 persen suara nasional.

Proses pencoblosan Pemilu 2024 telah digelar pada Rabu, 14 Februari 2024. Pemilihan kali ini dilangsungkan serentak yang mencakup pemilihan presiden, calon anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah melakukan rekapitulasi hasil pencoblosan pemilih di seluruh Indonesia. Di samping itu, sejumlah survei juga ada yang menyajikan hasil quick count atau hitung cepat yang menampilkan persentase yang bervariasi.

Selain menampilkan hasil quick count untuk sejumlah calon, survei tersebut juga ada yang menampilkan hasil perhitungan cepat untuk setiap partai politik, salah satunya hasil quick count Partai Demokrat. Setiap parpol yang mengikuti Pemilu 2024, berlomba mengumpulkan suara terbanyak agar bisa dinyatakan lolos melenggang ke Senayan.

Parpol yang dinyatakan lolos ke Senayan yakni hasil perolehan suaranya harus minimal di ambang batas atau Parliamentary Threshold atau menurut UU No. 7 Tahun 2017, batas minimalnya yakni 4 persen dari jumlah suara sah secara nasional.

Update Terbaru Perolehan Suara Partai Demokrat di Pemilu 2024 Versi Quick Count Sejumlah lembaga survei telah mengumumkan hasil quick count pada Rabu, 14 Februari 2024. Berikut rincian perolehan suara yang diraih Partai Demokrat di Pileg 2024.

1. Saiful Mujani Research & Consulting Lembaga survei ini mencatat data yang masuk berkisar 14,27 persen.

Hasilnya terdapat beberapa partai politik yang mendapatkan persentase yang lumayan tinggi seperti PKB 10,75 persen, Gerindra 13,23 persen, PDIP 17,23 persen, dan lainnya. Sedangkan untuk Partai Demokrat, hasil hitung cepat menurut lembaga survei ini yakni mendapatkan hasil 7,82 persen.

2. Indikator Politik Indonesia Indikator Politik Indonesia mencatat data yang masuk berkisar 14,85 persen dengan menampilkan persentase yang berbeda-beda yang didapatkan tiap parpol.

Menurut lembaga survei ini, Partai Demokrat mendapatkan hasil hitung cepat sebesar 7,89 persen.

3. Populi Center Populi Center mencatat data yang masuk berkisar 61,08 persen.

Perolehan suara berdasarkan quick count yang dapatkan Partai Demokrat menurut survei ini yakni sebesar 6,78 persen.

4. Charta Politika Lembaga survei ini mencatat data yang telah masuk sebesar 61,15 persen dengan perolehan suara yang bervariasi.

Menurut Charta Politika, Partai Demokrat mendapatkan perolehan suara sementara sebesar 7,47 persen.

5. Poltracking Poltracking mencatat data yang masuk berkisar 50 persen. Perolehan sementara yang diraih Partai Demokrat menurut lembaga survei ini yakni sebesar 7,32 persen.

Update Perolehan Suara Partai Demokrat di Pemilu 2024 Versi Real Count Tak berbeda jauh dengan quick count, perolehan suara Partai Demokrat menurut real count per 16 Februari 2024 terbilang masih stabil.

Sejauh ini data yang masuk ke KPU berkisar 32,5 persen. Partai Demokrat mendapatkan perolehan lebih dari 7 persen. Angka tersebut tentunya akan berubah berbarengan dengan data yang masuk ke KPU. Untuk pengumuman finalnya akan diumumkan setelah suara seluruh di Indonesia telah direkapitulasi.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!