Senin, 24 Juni, 2024

Perluas Pangsa Pasar Pelaku UMKM, Prabowo Terapkan Konsep Ekonomi Digital

TajukPolitik – Calon Presiden noro urut 2 Prabowo Subianto akan menerapkan konsep ekonomi digital untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) demi memperluas pangsa pasar.

“Dengan adanya digitalisasi, kami berharap akses pembiayaan meningkat, kemudian akses pasar, akses market, dan akses keterbukaan,” kata Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Rosan Roeslani saat ditemui di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Selasa.

Menurut Rosan, UMKM merupakan salah satu tulang punggung bangsa dalam memajukan perekonomian rakyat, terutama kalangan menengah ke bawah.

Oleh karena itu, pembinaan UMKM harus dilakukan agar seluruh pengusaha kecil di daerah maupun di kota bisa bersaing dengan pasar yang modern.

Dengan mengadopsi konsep ekonomi digital untuk UMKM, Rosan yakin para pengusaha kecil di seluruh daerah memiliki kesempatan untuk memasarkan produknya ke pangsa pasar lebih luas.

“Kami inginnya UMKM makin banyak yang naik kelas sehingga mereka bisa lebih banyak menciptakan lapangan pekerjaan,” kata dia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Sementara itu anggota Dewan Pakar TKN Drajad Wibowo menganggap tingkat pertumbuhan tersebut perlu dicapai agar Indonesia bisa menjadi negara maju pada 2024.

“Perlu, jadi target 6-7% mutlak buat kami,” kata Drajad, dikutip Rabu (20/12/2023).

Drajad mengatakan strategi andalan Prabowo-Gibran untuk mengejar target ekonomi itu bertumpu pada belanja negara. Dia mengatakan Prabowo-Gibran memiliki visi-misi memberikan makan siang dan susu gratis kepada jutaan anak dan ibu di Indonesia. Penyediaan telur untuk makan siang dan susu gratis, kata dia, akan menggerakkan roda perekonomian para peternak ayam dan sapi lokal.

Hitung-hitungan Drajad penyediaan makanan itu bisa berkontribusi 0,6% terhadap PDB. “Contohnya makan siang, seandainya makan siang dan susu gratis dilakukan pada 2023, ada tambahan 0,6% sampai 0,65% pertumbuhan tambahannya,” katanya.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!