Pengamat Yakin AHY Kembali Jadi Menteri Saat Prabowo Presiden

AHY bakal jadi menteri prabowo

TajukPolitik – Direktur Lembaga Riset Lanskap Politik Indonesia, Andi Yusran, meyakini Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan kembali menjadi menteri saat Prabowo dilantik sebagai Presiden.

Dirinya meyakini AHY akan memiliki masa depan yang cerah sebagai menteri jika Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dinyatakan KPU sebagai pemenang Pilpres 2024.

“AHY saya prediksi akan tetap masuk gerbong kabinet jika Prabowo dinyatakan sebagai pemenang oleh KPU,” kata Andi Yusran, Selasa (27/2).

Analis Politik Universitas Nasional itu membeberkan alasannya karena koalisi Prabowo-Gibran sangat membutuhkan dukungan politik dari Partai Demokrat agar pemerintahannya nanti tidak mudah digoyang oleh parlemen.

“Saya prediksi lebih dari satu jatah menteri akan didapat oleh Demokrat,” kata Andi.

Demokrat sendiri dalam Pilpres 2024 memperlihatkan keseriusanya memenangkan pasangan Prabowo-Gibran. Bukan saja AHY yang turun kampanye bersma Prabowo Subianto dan Gibran Raka Buming Raka. Namun seluruh elite Demokrat kampanye memenangkan Prabowo-Gibran.

Begitupun Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turun gunung berbagai daerah mengkampanyekan pasangan Prabowo-Gibran. Bahkan SBY harus jalan kaki sejauh 7 kilometer untuk menghadiri kampanye terakhir pasangan Prabowo-Gibran di GKB.

Usai berjalan sejauh 7 kilometer SBY harus naiki pagar panggung untuk mengikuti acara kampanye tersebut.

Saat ini AHY menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) sisa masa jabatan periode 2019-2024. AHY dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2).

Pelantikan AHY ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 34/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta, tanggal 20 Februari 2024.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!