Selasa, 18 Juni, 2024

Pastikan Kejujuran dalam Pemilu, Demokrat: Jangan Sampai Kehadiran Pengungsi Rohingya di Sidoarjo Digunakan untuk Mobilisasi Suara

Tajukpolitik – Anggota Komsii III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Didik Mukrianto, menyoroti adanya pengungsi Rohingya, Myanmar, yang berdomisili di Sidoarjo, Jawa Timur.

Untuk itu, Didik pun mempertanyakan kenapa adanya lalu lintas internasional masuknya orang dari luar negeri, khususnya di momen jelang Pemilu 2024.

“Dalam konteks imigrasi, tentu banyak hal yang kita bahas ya terkait dengan bagaimana lalu lintas orang asing. Bagaimana pengawasan orang asing di Jawa Timur nih karena memang ini eranya sudah masuk ke dalam era mendekati Pemilu. tentu jangan sampai kemudian Pemilu yang dijaga kejujuran (dan) keadilan di Indonesia ini kemudian berpotensi dikotori oleh perilaku-perilaku menyimpang dengan masuknya beberapa tim asing ini (yang) diskenariokan menjadi potensi mobilisasi suara,” ungkap Didik, usai pertemuan Kunjungan Kerja Reses Komisi III ke beberapa mitra terkait di Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/12).

Didik berharap pihaknya tidak ingin bahwa kehadiran pengungsi tersebut malah menimbulkan persoalan baru di tengah-tengah masyarakat.

Sehingga, ia ingin memastikan bahwa Kanwil KemenkumHAM Jawa Timur, khususnya imigrasi bisa bertindak secara proporsional untuk menangani pengungsi ini.

“Karena bagaimanapun juga pengungsi Rohingya ini sudah ada di Indonesia mendapatkan perlindungan dan pengawasan dari PBB tentu kami berharap Kanwilkumham bisa proporsional untuk bisa melakukan pengawasan penanganan manajemen maupun juga memastikan rumah detensi imigrasi ini juga layak untuk menjadi tempat untuk menangani para pengungsi Rohingya,” tegas Didik.

Diketahui, di kesempatan yang berbeda, Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkum HAM Jatim, Herdaus, mengungkapkan, jumlah pengungsi Rohingya yang ada di Sidoarjo, Jawa Timur, ada sebanyak 14 orang. Belasan pengungsi Rohingnya itu tersebar di beberapa tempat.

Ada sembilan orang yang tinggal di community house atau tempat penampungan. Perinciannya di Graha Aparna Puspa Agro enam orang dan Green Bamboo Cottage tiga orang. Sementara lima orang sisanya tinggal secara mandiri.

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!