Sabtu, 22 Juni, 2024

Pasca Debat Cawapres, Pengamat Yakini Elektabilitas Prabowo-Gibran Melesat Naik

Tajukpolitik – Komunikolog Politik dan Hukum Nasional, Tamil Selvan alias Kang Tamil, memprediksi elektabilitas pasangan calon presiden dan calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, akan naik setelah debat kedua cawapres yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pada Jumat (22/12) malam.

Bukan tanpa alasan Kang Tamil memprediksi hal tersebut, sebab menurutnya diantara tiga cawapres, yang dapat menjelaskan secara konkret dan teknis, serta public speaking yang optimal adalah Gibran.

“Setelah debat Jumat kemarin, saya yakin persentase elektabilitas Prabowo-Gibran akan meningkat sekitar 3 persen,” ujar Kang Tamil, Minggu (24/12).

Bukan tanpa alasan kata Kang Tamil, artikulasi yang dikeluarkan Gibran mudah dimengerti, dan semua jawaban dielaborasi sekaligus untuk menjelaskan visi-misinya.

“Ini bagus sekali. Sementara 2 paslon lainnya tidak memberikan artikulasi yang jelas, bahasanya mutar-mutar, tidak teknis to do point, dan orientasinya ingin menyerang dan menjatuhkan pemerintahan Pak Jokowi, bukan fokus pada penjelasan visi-misinya,” pungkas Kang Tamil.

Untuk diketahui, dalam debat cawapres yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan tersebut, Gibran sangat terlihat menguasai panggung.

Mulai dari penyampaian visi dan misi, menjawab pertanyaan panelis, atau pun dalam sesi tanya jawab antar sesama cawapres, Gibran dapat melewatinya dengan baik.

Bahkan beberapa kali pertanyaan Gibran membuat dua cawapres lain, yakni Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Mahfud MD kelimpungan karena tidak bisa menjawab.

Seperti saat Gibran bertanya terkait SGIE kepada Cak Imin yang memang Cak Imin tidak mengetahui apa itu SGIE.

Sementara itu, di sisi lain, sebelum adanya debat cawapres, pasangan Prabowo-Gibran memang elektabilitas mereka merajai dari berbagai survei dan itu stabil hingga saat sekarang ini.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!