Selasa, 18 Juni, 2024

Nasib Miris PDIP di Pilpres, Pengamat: Rulling Party yang Dikalahkan Petugas Partai

Tajukpolitik – Direktur Eksekutif Citra Institute, Yusak Farchan, mengatakan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 merupakan ajang pertarungan politik yang tidak menguntungkan bagi PDIP.

Sebab, lanjut Yusak, meski mengantongi suara Pileg terbanyak, PDIP gagal membawa Ganjar-Mahfud menjadi pemenang di Pilpres.

Yusak pun menyebut hal yang membuat PDIP lebih terpukul lagi, Presiden Joko Widodo yang merupakan kader PDIP justru mendukung paslon lain, yakni Prabowo-Gibran dan berakhir kemenangan.

“Meskipun Jokowi hanya berstatus sebagai petugas partai, namun dalam pertarungan pilpres, PDIP tak berdaya menghadapi Jokowi,” kata Yusak, Selasa (9/4).

Melihat kondisi tersebut, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pamulang (FISIP Unpam) ini menilai PDIP sama saja kalah oleh kekuasaan yang justru dibesarkan sendiri oleh partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu.

“Inilah yang menjadi problem, di satu sisi PDIP menjadi the ruling party, sementara di sisi lain harus berhadapan dengan tangan-tangan kekuasaan. Ini pelajaran penting bagi parpol ke depan,” pungkas Yusak.

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!