Maju Pilkada Lamongan, Debby Kurniawan Daftar Bacabup Melalui PKB dan PAN

Debby Kurniawan daftar ke PKB dan PAN

TajukPolitik – Debby Kurniawan resmi mendaftar Bakal Calon Bupati (Bacabup) Lamongan 2024-2029 ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lamongan.

Langkah ini menurut Debby, dilakukan karena dirinya ingin mengabdi untuk warga Lamongan.

“Yang mendorong saya maju sebagai Bacabup di Lamongan ada beberapa pertimbangan. Salah satunya saya ingin mengabdi ke Lamongan,” ujar Debby Kurniawan dalam keterangannya, Senin 29 April 2024

Anggota Komisi X DPR RI dari Partai Demokrat ini sebelumnya telah mendatangi Rumah PAN Lamongan di Jalan Basuki Rahmat no 36 dan ditemui Sekretaris DPD PAN Hamzah Fansyuri, Sabtu 27 April 2024 malam.

“Saya sudah melakukan beberapa komunikasi ke beberapa partai politik. Yang mendorong dengan beberapa pertimbangan,” katanya.

Mantan Ketua DPRD Lamongan periode 2014 – 2019 ini menambahkan, untuk pendaftaran Bacabup dari Partai Demokrat Lamongan belum buka. Padahal, menurut Debby, untuk Gresik pendaftaran Bacabup sudah dibuka.

“Untuk Demokrat sudah ada komunikasi, jadi kita tunggu saja. Sebab di Lamongan belum buka (penjaringan),” katanya.

Terkait kriteria calon wakilnya, Debby sepenuhnya bakal menyerahkan keputusan tersebut ke partai pengusungnya. “Kriterianya yang cocok dan disetujui partainya saja,” ujarnya.

Sebelumnya Debby Kurniawan, putra Bupati Lamongan periode 2010-2020, Fadeli juga resmi mendaftar penjaringan Bacabup ke DPD PAN Lamongan.

Kemunculan nama Debby sendiri cukup mengejutkan dimana ia yang notabene kader Demokrat justru mendaftat ke Partai PAN. Debby kini duduk di Komisi X DPR RI dari F Demokrat.

Debby Kurniawan menyebut bila ia mengaku sudah banyak melakulan komunikasi kepada sejumlah partai terkait rencanaya maju Pilbup Lamongan.

“Sudah ada beberapa komunikasi sudah ada beberapa partai. Yang mendorong ada beberapa pertimbangan,” ungkapnya, Sabtu (27/4/2024).

Terkait Khusnul Yakin, Debby menganggap bila manuver khusnul itu hak politiknya bila ingin maju sebagai bupati.

“Oh ya, Pak Khusnul, itu haknya beliau. Ya, ndak apa apa kebetulan saja kerabat, istrinya beliau itu sepupu saya,” ujarnya.

Debby kini masih mencoba membuka lebih luas kans dengan menjalin komunikasi dengan sejumlah partai salah satunya Demokrat.

“Demokrat belum buka pendaftaran saya tunggu, demokrat ada komunikasi tapi saya menunggu kok belum buka (penjaringan) kemarin saya lihat di Gresik sudah, di Lamongan ini kok belum ada,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024 akan dilakukan di 37 provinsi pada Rabu, 27 November 2024. Sementara, hanya 508 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada Serantak dari 514 kabupaten/kota di tahun 2024.

Sebab, dari 518 kabupaten/kota, ada 6 kabupaten/kota administratif di DKI Jakarta yang tidak ada pilkada langsung.

“KPU menyelenggarakan peluncuran Pilkada Serentak 2024 yang rencananya untuk pemungutan suara akan digelar nanti pada tanggal 27 November 2024,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!