Khofifah-Emil Kantongi Dukungan Demokrat, Golkar, PAN, dan PSI untuk Pilgub Jatim 2024

Khofifah-Emil kantongi 5 rekomendasi

TajukPolitik – Sejumlah partai politik mulai mengumumkan pasangan Khofifah-Emil akan diusung meramaikan pesta demokrasi Pilgub Jatim 2024.

Pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak menjadi salah satu yang mendapat cukup banyak dukungan, terutama dari partai-partai besar.

Selasa (4/6), Khofifah-Emil baru saja menerima surat rekomendasi dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk bersaing di Pilgub Jatim. Surat rekomendasi itu bahkan diserahkan langsung oleh Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep kepada Khofifah-Emil di Jakarta.

“Kaesang mengatakan, partainya juga telah meminta para kader PSI mendukung pencalonan Khofifah-Emil. Terutama kader PSI yang juga didorong maju pilkada oleh DPP PSI di sejumlah kabupaten/kota di Jatim. Misalnya, Surabaya, Madiun, Malang, dan Gresik.”

”Ini adalah sebuah kehormatan buat kami karena Jawa Timur termasuk salah satu daerah yang krusial buat PSI,” ujar Kaesang.

Sebelumnya, Partai Golkar juga mengumumkan dukungan kepada pasangan Khofifah-Emil dalam Pilgub Jatim 2024. Keputusan itu disampaikan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Jakarta, Jumat (16/5/2024) malam.

“Tadi pertemuan silaturahmi sekaligus dari badan pemenangan dan kemenangan Pemilu Partai Golkar, kami sudah mengeluarkan surat keputusan mengusung Khofifah dan Emil sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim,” kata Airlangga.

Airlangga menjelaskan dalam pertemuan itu membahas beberapa hal, termasuk keinginan partainya agar Khofifah-Emil melanjutkan kembali kepemimpinan di Jatim.

“Kami juga ingin melanjutkan karena dalam Pilpres kemarin Jawa Timur hasilnya baik, Khofifah dan Emil di Pilkada yang lalu juga pertama kali diberikan penugasan oleh Partai Golkar,” ujarnya.

Dia menjelaskan partainya konsisten mendukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim dan sudah berkomunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Partai Golkar merupakan anggota KIM yang mengusung Presiden-Wakil Presiden terpilih RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024. Partai lain yang tergabung dalam KIM meliputi Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

“Kami sudah komunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju yang seluruhnya punya calon sama. Jadi, kalau kami lihat di Jawa Timur, Koalisi Indonesia Maju ini punya 52 persen (suara). Jadi cukup, tetapi kalau yang lain (partai nonkoalisi) mau ikut, boleh,” katanya.

Ketua Umum PAN Zukifli Hasan (Zulhas) juga secara resmi mengumumkan dukungan kepada pasangan Khofifah-Emil untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024.

Zulhas mengatakan, pasangan tersebut sangat layak untuk meneruskan perjuangan memajukan Jawa Timur.

“Siang dan malam, tenaga, pikiran dicurahkan untuk kemajuan umat bangsa dan negara,” tegasnya yang dikutip di Jawapos.com, Selasa (4/6).

Hingga Selasa (4/6) kemarin, Khofifah-Emil telah mendapat rekomendasi secara resmi dari empat partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Maju (KIM). Selain PSI, pasangan petahana itu telah didukung secara resmi oleh Golkar, Demokrat, dan PAN.

Dengan dukungan kuat dari berbagai partai besar, pasangan Khofifah-Emil optimis untuk melanjutkan kepemimpinan mereka dan membawa Jawa Timur menuju kemajuan yang lebih baik di masa depan. Dukungan ini menunjukkan keyakinan besar terhadap kemampuan dan integritas mereka dalam memimpin provinsi ini.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!