Kecurangan TSM di Ketapang, Kalbar, Demokrat: Mustahil Tanpa Keterlibatan Penyelenggara

Tajukpolitik РPartai Demokrat menduga ada kecurangan secara terstruktur, sistematis dan masif (TSM) yang terjadi di pemungutan suara Pemilu 2024 di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Atas dasar itu, Demokrat meminta diadakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di daerah tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Hukum dan Pengamanan Partai (BHPP) DPP Partai Demokrat, Mehbob, dalam siaran pers tertulisnya, Jumat (1/3).

“Demokrat menemukan fakta adanya kecurangan terstruktur, sistematis, masif di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, berdasarkan bukti-bukti yang kami miliki. Dengan kecurangan ini, Demokrat merasa sangat dirugikan,” tegas Mehbob.

Demokrat menduga adanya penggelembungan suara di 84 TPS dari 16 desa di Kecamatan Kendawangan. Sedangkan di Kecamatan Delta Pawan, saat ini kami sudah menemukan bukti penggelembungan suara di 4 TPS dari 4 desa.

“Penggelembungan jumlah suara ini sangat fantastis dan menguntungkan salah satu caleg petahana dari salah satu partai politik, dan sangat merugikan kami, Partai Demokrat. Fakta-fakta ini menunjukkan adanya upaya kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif (TSM),” jelas Mehbob.

Mehbob mengatakan saat ini Tim Demokrat sedang mengumpulkan bukti-bukti di lapangan untuk kecamatan-kecamatan lain selain Kendawangan dan Delta Pawan. Penggelembungan suara diduganya mustahil dilakukan tanpa keterlibatan penyelenggara pemungutan suara.

“Untuk itu, kami meminta Bawaslu RI untuk merekomendasikan kepada KPU RI untuk segera mengadakan pemungutan suara ulang dengan pengawasan dari KPUD dan BawasluDa Provinsi Kalimantan Barat. Kami juga akan melaporkan kejadian ini ke Polda Kalimantan Barat untuk ditindaklanjuti dan diproses hukum segera. Sedangkan untuk pelanggaran kode etiknya, kami akan melaporkan ke DKPP,” tegas Mehbob.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!