Selasa, 18 Juni, 2024

Hanya Berbeda Tipis, Pengamat: Hasil Quick Count Gambarkan Hasil Pilpres yang Sesungguhnya

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Tajukpolitik – Komunikolog politik dan hukum nasional, Tamil Selvan alias Kang Tamil, mengatakan hasil quick count atau hitung cepat dari berbagai lembaga survei diyakini akan menggambarkan hasil Pilpres 2024 yang sesungguhnya.

Hal itu ia sampaikan menanggapi hasil hitung cepat alias quick count beberapa lembaga survei yang menempatkan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Nomor Urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul telak dari pasangan capres dan cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Kang Tamil pun meyakini jika pasangan capres dan cawapres yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut akan memenangkan pertarungan ini.

“Saya melihat bahwa hasil quick count ini trennya itu linear,” ujar Kang Tamil di Jakarta, Kamis (15/2).

Kang Tamil meyakini, hasil quick count tersebut menggambarkan hasil sesungguhnya dari perhitungan KPU nantinya.

“Artinya hasil quick count ini boleh dikatakan menggambarkan hasil sesungguhnya,” tandas Kang Tamil.

Untuk diketahui, dari data beberapa lembaga survei menunjukkan hampir 100 persen. Di antaranya Litbang Kompas yang merilis hasil Capres-Cawapres Nomor Urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 25,1 persen. Prabowo-Gibran 58,73 persen. Dan Capres-Cawapres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD 16,17 persen.

Selanjutnya, dari lembaga survei Indikator juga merilis data yang menunjukkan asil jika Anies-Muhaimin hanya memperoleh 25,32 persen, Prabowo-Gibran 58 persen, dan Ganjar-Mahfud 16,68 persen.

Sedangkan dari LSI Denny JA, memperoleh hasil sebagai berikut, untuk pasangan Anies-Muhaimin 25,21 persen, Prabowo-Gibran 58,16 persen, dan Ganjar-Mahfud 16,64 persen.

Sekedar gambaran, jika di Pilpres tahun 2014 dan Pilpres tahun 2019, hasil quick count memang menggambarkan hasil pilpres sesungguhnya. Hanya terdapat perbedaan yang tipis sekali, yakni hanya sekitar 2 sampai 3 persen saja.

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!