Demokrat dan PKS Berkoalisi Dukung Sri Juniarsih Sebagai Bupati Berau Dua Periode

Demokrat Berau

TajukPolitik – DPC Partai Demokrat Berau menyatakan sikap mendukung petahana dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 ini.

Keseriusan itu ditegaskan melalui penyerahan surat tugas Partai Demokrat kepada Bakal Calon (Bacalon) Bupati Berau, Sri Juniarsih yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Berdasarkan surat tugas, Ketua DPC Partai Demokrat Berau, Syamsul Maaruf mengatakan, PKS dan Demokrat akan berkoalisi pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 November mendatang.

“Kronologis sampai apa yang terjadi pada malam hari ini berawal pasca Pileg 14 Februari 2024 lalu,” ucapnya, Sabtu (18/5/2024).

Syamsul mengatakan setelah penetapan Pemilihan Legislatif (Pileg) dari KPU tentang perolehan kursi Partai Demokrat itu di DPRD Berau maka bulan Maret lalu terjadi silaturahmi bersama PKS.

“Saudara kita dari PKS bersilaturahmi ke DPC dan menyampaikan maksud dan tujuannya untuk melanjutkan koalisi untuk Pilkada di 2024-2029,” ungkapnya.

Syamsul mengungkapkan dari silaturahmi tersebut sesuai dengan instruksi dari DPP juga DPD langsung membuka penjaringan pendaftaran calon Bupati.

“Maka kami membuka pendaftaran di 1 April sampai dengan 30 April dan yang mengambil formulir pertama itu adalah dari PKS kemudian yang mengembalikan pertama juga itu adalah PKS,” tuturnya.

Ia menyebut, sebagai pengurus DPC Partai Demokrat Berau sangat mengapresiasi dengan langkah yang telah diambil dari PKS.

“Kemudian setelah menutup pendaftaran. Kami menghadap ke DPP dan DPP memaparkan siapa-siapa yang sudah menjadi pendaftar di DPC Demokrat Berau. Di tanggal 4 Mei itu saya berangkat ke Jakarta dan memaparkan di depan DPD dan DPP terkait dengan 10 nama yang sudah mendaftar,” urainya.

Kemudian tanggal 5 Mei lalu dirinya berdiskusi dengan DPP dan akhirnya 6 Mei menetapkan Sri Juniarsih sebagai penerima surat tugas dari partai Demokrat untuk melaksanakan konsolidasi partai politik di Kabupaten Berau.

“Sehingga pada tanggal 8 kami bertemu dengan ibu Sri Juniarsih di Jakarta dan menyampaikan apa hasil dari DPD dan DPP kami bersepakat bahwa hari ini adalah hari yang bersejarah untuk kami,” bebernya.

Menurutnya Sri Juniarsih Mas adalah bukti bahwa Partai Demokrat serius akan berjuang koalisi dengan PKS. “Dalam Pilkada 2018 lalu apa yang menjadi isi dari surat tugas itu akan dilaksanakan. Kita evaluasi nantinya sesuai dengan hasil survei dan kami akan melaporkan ke DPP itu pada tanggal 8 Juli,” imbuhnya.

Ia menyimpulkan karena merasa berlaku surat tugas sampai 1 bulan ke depan dan batas akhir di tanggal 7 Juni. “Nah setelah itu kami akan melaporkan ke DPD dan DPD terkait dengan apa yang sudah dilakukan dan semoga saja rekomendasi untuk partai Demokrat itu akan jatuh ke tangan Sri Juniarsih Mas,” pungkasnya.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!