Selasa, 18 Juni, 2024

Demokrat dan PDIP Buka Peluang Koalisi, Pasangkan Umar Ahmad dan Edy Irawan Arief di Pilgub Lampung

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

TajukPolitik – Kandidat calon Gubernur Lampung Umar Ahmad membuka peluang berkoalisi dengan kandidat calon Wakil Gubernur Lampung, Edy Irawan Arief pada Pilgub Lampung 2024.

Hal itu terlihat ketika Umar Ahmad memulangkan berkas penjaringan calon gubernur Lampung di DPD Demokrat Lampung, Senin, 20 Mei 2024. Sebelum ke Demokrat, Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PDIP Lampung itu juga memulangkan berkas ke PDIP Lampung.

Edy Irawan menyebut bisa saja koalisi antara PDIP yang mendapatkan 13 kursi dan Demokrat yang mendapatkan 19 kursi terbentuk pada Pilgub Lampung 2024. Edy pun melempar wacana koalisinya bernama Sai Bumi Ruwai Jurai (Saburai) yang juga jargon Provinsi Lampung.

Edy merupakan asli warga Lampung Barat yang merupakan masyarakat Adat Sai Batin. Sedangkan Umar Ahmad berasal dari Tulangbawang Barat, yang merupakan masyarakat adat Pepadun. “Kalau Allah SWT menakdirkan kemungkinan Koalisi Saburai,” ujar Edy Irawan Arief.

Akan tetapi, Edy mengatakan DPD Demokrat Lampung tetap melalukan penjaringan calong gubernur dan calon wakil gubernur Lampung. Nantinya nama-nama yang mengikuti penjaringan tetap dibawa ke DPP. “Kewenangannya nanti tetap di Dewan Pimpinan Pusat (DPP),” kata Edy.

Sementara itu Umar Ahmad mengaku mencari sosok kandidat wakil gubernur Lampung yang memiliki visi dan misi dalam membangun Lampung. Menurut Umar dalam percakapan di media sosial di akar rumput, muncul banyak percakapan untuk mencari pendamping dengan beberapa kriteria. Seperti calon dari suku Jawa, warga NU, dan syarat-syarat lainnya.

“Yang kami cari yang punya visi membangun Lampung. Secara personal saya sudah bilang tidak ada keraguan dengan Wan Edy (Edy Irawan Arief),” kata mantan Bupati Tulangbawang Barat itu.

Tentunya Umar maupun Edy berharap bisa berpasangan, namun hal tersebut tetap mengacu kepada keputusan masing-masing partai di tingkat pusat. “Harapan kami ini, akan kami sampaikan ke masing-masing DPP. Karena penugasan rekomendasi ada di DPP, komunikasi antarlembaga ini, akan mempengaruhi setiap perjodohan calon,” kata dia.

Umar Ahmad juga menyebut ia sedang menginventarisir atau belanja masalah dan informasi yang ada di Provinsi Lampung. Upaya tersebut nantinya akan menjadi acuan untuk menyusun visi dan misi ke depan sebagai calon gubernur Lampung.

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!