Senin, 24 Juni, 2024

Berpengalaman Pimpin Kota Solo, Pengamat: Gibran Bisa jadi Kuda Hitam dalam Debat Cawapres

Tajukpolitik – Pengamat Politik dari Citra Institute, Efriza, menilai cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, akan menjadi kuda hitam dalam debat cawapres yang mengangkat tema ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Pasalnya, kata Efriza, topik bahasan tersebut sudah dikuasai oleh Gibran dibanding dengan cawapres lainnya, yaitu Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD.

Walaupun banyak orang yang meragukan Gibran, namun bagi Efriza, Gibran bisa mengagumkan atau mengejutkan semua pihak.

Menurutnya, dari beberapa sub tema yang disajikan Komisi Pemilihan Umum (KPU), akan ada yang dikuasai oleh Gibran.

“Ingat, Gibran adalah kader PDIP. Soal isu nasionalis berupa keberpihakan cukup tinggi. Soal perkotaan, APBD dia juga berpengalaman karena masih memerintah Walikota Solo,” jelas Efriza, Rabu (20/12).

Namun di samping itu, dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Pamulang (Umpan) itu juga meyakini, Gibran akan mendapat banyak pengetahuan terkait ekonomi dari ayahnya, Presiden Jokowi. Untuk itu, ia yakin kalau Gibran akan jadi kuda hitam dalam debat cawapres tersebut.

“Sehingga, pemahaman infrastruktur, diyakini menjadi titik kuat Gibran. Karena pengalaman dirinya dan pengetahuan di meja makan dengan ayahnya  yang adalah Presiden saat ini,” pungkas Efriza.

Untuk diketahui, pelaksanaan debat cawapres akan berlangsung di Jakarta Conventions Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, pada Jumat lusa (22/12).

KPU sebagai pelaksana acara telah menunjuk sejumlah televisi sebagai penyelenggara siaran, dan mengambil dua presenter senior sebagai moderator debat.

Dua moderator debat yang ditunjuk KPU ialah Alfito Deannova Ginting dari Trans Corp dan Liviana Cherlisa dari Kompas TV.

Selain itu, KPU juga telah menetapkan 11 panelis debat yang bertugas menyusun pertanyaan untuk 3 cawapres yang akan berdebat.

Untuk format debat, dipastikan akan mengikuti pelaksanaan debat pertama yang diperuntukkan bagi calon presiden (capres) pada 12 Desember 2023 lalu.

Di mana, dari total 120 menit waktu penyelenggaraan debat akan dibagi ke dalam 6 segmen. Untuk segmen pertama adalah untuk pemaparan visi misi terkait tema debat.

Segmen kedua dan ketiga adalah memberikan pertanyaan yang dibuat panelis kepada para kandidat. Kemudian, segmen keempat dan kelima adalah kesempatan bagi 3 cawapres untuk saling bertanya dan menjawab.

Adapun untuk segmen terakhir, 3 cawapres diberikan kesempatan untuk menyampaikan kata-kata penutup.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!