Selasa, 18 Juni, 2024

Berikan Pesan Perayaan Natal Partai Demokrat, SBY: Semua Agama Ajarkan Kebaikan

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

TajukPolitik – Presiden RI ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan pesan di perayaan Natal nasional Partai Demokrat di Medan, Sumatera Utara (Sumut). SBY menyampaikan pesan Natal itu melalui lagu berjudul ‘Everything I Do, I Do It For You’ yang dipopulerkan oleh musisi Bryan Adams.

Awalnya SBY mengatakan jika dia tidak ingin berpidato saat dipersilahkan untuk memberi kata sambutan. SBY hanya akan menyampaikan nilai yang menurutnya penting bagi Indonesia.

“Saya ingin menjadi bagian dari keindahan dan kebahagian merayakan Natal nasional Partai Demokrat tahun 2023, tentu saya tidak akan menyampaikan pidato ataupun orasi saya hanya ingin menyampaikan pandangan pribadi saya tentang sesuatu yang sangat penting tentang negeri ini,” kata SBY di Medan, Rabu (27/12).

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu meyakini jika semua agama mengajarkan nilai kebaikan kepada umat-Nya. Semua agama juga dinilai mengajarkan toleransi dan saling menghormati, jika dilihat agama dari hakikatnya.

“Saya berpandangan semua agama mengajarkan kebaikan, mengajarkan kepada umat-Nya apa-apa yang mesti dilakukan dan apa apa yang tidak boleh dilakukan. Artinya kalau kita melihat agama sebagai hakikat sebagai nilai-nilai maka kita akan mudah untuk duduk bersama, saling hormat-menghormati saling bertoleransi karena ajaran agama manapun selalu mendatangkan kebaikan dan kebajikan,” ucapnya.

Namun jika agama dilihat dari simbolnya, maka akan agama akan dilihat sebagai perbedaan. Perbedaan yang dimaksud SBY adalah rumah ibadah hingga ritual keagamaan masing-masing.

“Kalau kita lihat agama dari simbol dan bukan hakikatnya, bukan nilai nilainya mungkin kita akan melihat perbedaan-perbedaannya tentu gereja berbeda dengan bangunan masjid, vihara, pura atau pun kelenteng demikian juga proses ritual keagamaan bisa berbeda-beda tetapi yang selalu meneduhkan hati saya dan selalu saya sampaikan kepada saudara saudara kita, rakyat indonesia marilah kita lihat dan maknai agama dari segi hakikat dan nilai-nilai kebajikan yang dikandungnya. Itulah yang hendak saya sampaikan,” ujarnya.

Setelah itu, SBY meminta izin untuk melantunkan lagu berjudul Everything I Do, I Do It For Me’ yang dipopulerkan oleh musisi Bryan Adams. Lagu tersebut dinilai selaras dengan pesan yang disampaikan oleh SBY sebelumnya.

“Maknanya apa ? Umat beragama manapun selalu diajarkan, lakukan lah kebaikan untuk sesama umat manusia, lakukan lah kebaikan untuk saudara saudara kita yang selalu mengasihi saling menyayangi dan saling menghormati saya memaknai judul lagunya ini ‘Everything I Do I Do It For Me’ dalam konteks kebajikan dan tuntutan dalam agama manapun, itu lah oleh karena itu meskipun saya bukan penyanyi tapi untuk ikut menjadi kebahagiaan perayaan Natal malam hari ini saya akan melantunkan lagu ini lagu lama tahun 90an yaitu ‘Everything I Do I Do It For Me’,” tutupnya.

Setelah itu, SBY menyanyikan lagu tersebut. Seluruh peserta di perayaan Natal tersebut terlihat menikmati momen tersebut.

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!