Benny K Harman Minta Kader Demokrat NTT Kompak Menangkan Pilkada

Benny K Harman rapat demokrat NTT

TajukPolitik – Wakil Ketua Umum DPP Demokrat Benny K Harman membicarakan ulang target partai Demokrat di pemilihan presiden (pilpres), pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan kepala daerah (pilkada).

Anggota DPR RI itu menyampaikan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) pertama Partai Demokrat NTT tiga tahun lalu. Kala itu, ada rekomendasi untuk memenangkan Pilpres, Pileg dan pilkada.

“Saya ingin menegaskan kembali bahwa tiga tahun silam, kader partai mengadakan Rakerda seperti ini. Kita punya kesimpulan, rekomendasi. Rekomendasi kita pada saat itu adalah menang Pileg dan Pilpres dan juga pilkada,” ujarnya saat acara Rakerda kedua DPD Demokrat NTT, Jumat 3 Mei 2024.

Kemenangan pilkada akan sangat tergantung pada kemenangan di pileg. Sejak awal Benny K Harman sudah meminta agar Demokrat NTT menggandeng para tokoh pengaruh untuk bersama-sama dalam memenangkan Demokrat, terutama dalam pilkada.

Di samping itu, dalam pilkada kali ini memang semua partai politik tidak bisa mengusung sendiri pasangan calon kepala daerah secara tersendiri. Dibutuhkan koalisi atau gabungan partai untuk mengusung.

Atas dasar itu, dalam Rakerda kedua itu akan diatur ulang rekomendasi yang ada untuk menyiapkan strategi kemenangan di pilkada.

Baginya Rakerda itu juga menjadi momentum melakukan evaluasi target dari Rakerda sebelumnya. Sekalipun dalam data, perolehan kursi DPR, NTT menjadi paling tinggi penyumbang jumlah kursi.

Di NTT misalnya, kursi DPRD NTT sebelumnya empat kursi kini bertambah atau mendapat tujuh kursi. Jumlah itu masih kurang dari target Rakerda pertama yakni 11 kursi sehingga bisa mencalonkan Gubernur NTT.

“Bagaimana mau bicara kader maju calon gubernur, DPR saja salah. Dulu ada teman-teman, Pak BKH maju gubernur lagi. (Saya bilang) kamu harus buktikan dulu Demokrat menang. Kalau menang silahkan maju gubernur,” kata dia.

Menurut dia, perolehan kursi di kabupaten/kota juga ada yang mengalami penurunan, meski ada daerah yang mengalami peningkatan. Dari delapan daerah pemilihan (Dapil) DPRD NTT, Demokrat hanya meraup tujuh kursi dari target 11 kursi.

Sementara itu dari total 93 dapil di kabupaten/kota, Demokrat NTT hanya mendapat kursi di 59 dapil. Berkaca dari gambaran pileg, Benny Harman meminta kader Demokrat untuk tidak sekedar percaya diri secara berlebihan.

Kesanggupan dari kader harus diuji dalam memenangkan perhelatan politik berlangsung seperti di pileg. Ia menyebut ada kader yang punya suara pileg sangat kecil, namun justru ingin bertarung di pilkada. Menurut dia, itu tidak logis.

Benny Harman menegaskan daerah yang mengalami kemerosotan perolehan kursi bisa diberikan evaluasi hingga pemberhentian pimpinan. Ia menyebut, beberapa daerah justru menempatkan para calon legislatif hanya sebagai pelengkap administratif. Kerja itu baginya tidak berdampak apa-apa.

“Ini yang kita evaluasi dalam rapat kerja sekarang. Sekaligus kita siap memang untuk 2029. Tetapkan memang target. Kita harus menang pilkada. Menang maksudnya, tokoh yang kita usung,” ujarnya.

Kemenangan pilkada, kata dia, menjadi sebuah hal utama yang ditargetkan dalam Rakerda. Tiap partai politik memang punya kepentingan masing-masing. Dengan menang pilkada atau memegang kendali pemerintahan maka paling tidak kepentingan maupun visi misi yang ada bisa diwujudkan.

Sehingga, ketika sudah ada calon yang ditetapkan oleh Demokrat sekalipun koalisi, semua kader harus kompak menenangkan pasang calon yang diusung itu.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!