Apresiasi Pengamen Jalanan Raih Suara Tertinggi Caleg Demokrat Wonogiri, AHY: Terima Kasih Mas Kukuh Atas Perjuangannya

kukuh haryanto bersama sby

TajukPolitik – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) apresiasi pengamen jalanan Kukuh Haryanto yang menjadi caleg di Wonogiri.

“Partai Demokrat selalu terbuka untuk semua. Bangga dengan Mas Kukuh, seorang pengamen, Caleg DPRD Kab. Wonogiri Partai Demokrat, berkampanye dengan bernyanyi menghibur masyarakat. Kini mendapat suara terbesar,” ujar AHY dalam akun twitter pribadinya yang dikutip tajukpolitik.com, senin (19/2).

AHY juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kukuh dan menitipkan pesan untuk jadi anggota dewan yang amanah.

“Terima kasih Mas Kukuh atas perjuangannya. Semoga suara yg dititipkan bisa mengawal sampai menjadi anggota dewan yang amanah. Memperjuangkan harapan rakyat,” tukasnya.

Seperti diketahui Kukuh Haryanto, pengamen berambut gimbal di Wonogiri, meraih suara tertinggi diantara caleg partai Demokrat, di Dapil 1 kabupaten Wonogiri.

Kukuh mengungguli 10 caleg Demokrat lainya, yang berjumlah 10 orang di Dapil Wonogiri I. Caleg nyeleneh yang kampanye melalui musik dan lagu-lagu gitaran di Tiktok nya itu meraih 958 suara.

Rupanya, cara kampanye dengan menyanyi di Tiktok itu cukup berhasil menarik simpati. Saat mengenalkan diri, Kukuh juga dengan lagu. Begitu pula ketika mengenalkan cara mencoblos dirinya.

Dilihat dari laman real count KPU: pemilu2024.kpu.id, pengamen sederhana yang sering ngamen di obyek wisata waduk Gajah Mungkur itu, berada di urutan pertama.

Real count KPU tanggal 19 Feb 2024 pukul 12:30:00, dengan Progress: 625 dari 915 TPS (68.31%), Dapil Wonogiri I internal caleg Demokrat sbb:

Perolehan Suara Total : 2.385

Calon Legislatif Jumlah Suara

HARI BUDIANINGSIH 357
GIRI PITASARI 119
TULUS WIDODO 119
KUKUH HARYANTO 958
DASTI YULIWANTI 19
WIDI LESTARI 24
SRI WIDARTI 50
RAMADHAN ALFIANTO 14
RANI WIDYAYANTI 20
SUNARTO, S.H. 228

Perolehan suara ini belum final dan masih akan terus bertambah. Penghitungan final hingga 20 Maret mendatang.

Meski suaranya terbanyak diantara caleg Demokrat di Dapil 1, Kukuh masih harus bertarung dengan caleg partai lain untuk lolos jadi anggota DPRD. Mengingat, caleg di Dapil maupun partai lain meraih suara lebih tinggi dari Kukuh. Khususnya PDIP, Golkar, dan PKS. Banyak calegnya yang meraih 1000 hingga 3000 suara. Jika saatnya ada putaran pembagian kursi DPRD dengan pembagi pembilang ganjil, merekalah yang berpeluang dapat bagian kursi.

Apa lagi, pada pemilu 2019 lalu, Partai Demokrat tidak mendapatkan kursi satupun di semua Dapil untuk DPRD Wonogiri. Namun pada pileg 2024 ini, mereka memprediksi akan mendapatkan satu kursi dari Dapil IV.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!