AHY Tegaskan Demokrat Sudah Bersama Koalisi Indonesia Maju Sebelum Pemilu

demokrat bersama koalisi indonesia maju

TajukPolitik – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tegaskan Demokrat sudah bersama Koalisi Indonesia Maju sebelum pemilu.

Hal tersebut AHY ungkapkan usai dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Sebelumnya Partai Demokrat memilih untuk berada di luar pemerintah, setelah hampir 10 tahun menjadi oposisi.

AHY menjelaskan bergabungnya Partai Demokrat bukan saat dirinya dilantik menjadi menteri, melainkan sebelum Pemilu 2024 berlangsung pada 14 Februari lalu.

Langkah bergabung dengan pemerintah tersebut setelah Partai Demokrat keluar dari koalisi partai pengusung Anies Baswedan dan memilih mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

“Sebelum Pemilu kami secara de facto sudah berkoalisi Koalisi Indonesia Maju Prabowo Gibran. Pemilu sudah dilaksanakan, Paslon yang kami usung meraih angka yang sangat baik. Ini sebuah perjuangan bersama, dan Demokrat sudah bersama Koalisi Indonesia Maju sebelum Pemilu,” ujar AHY saat ditemui usai pelantikan, Rabu (21/2/2023).

AHY menambahkan di sisi lain Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga meminta agar Demokrat bergabung di pemerintahan.

Permintaan tersebut diapresiasi dan menilai hal tersebut merupakan peluang yang baik bagi partai, walaupun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin berakhir pada Oktober 2024 mendatang.

“Dari awal Demokrat ingin berkontribusi di pemerintahan. Kita ingin berjuang di parleman tapi juga di jajaran eksekutif. Tetapi secara dinamika politik selama 9 tahun Demokrat belum bisa masuk pemerintahan, dan itu wajar,” ujar AHY.

Lebih lanjut AHY menilai langkah Partai Demokrat bergabung ke pemerintahan Jokowi-Ma’ruf merupakan bagian dari perjuangan partai.

Demokrat, kata AHY, ingin melanjutkan yang sudah baik, dan terus memberikan masukan serta solusi jika ada permaslahan yang perlu diperbaiki bersama.

“Ini komitmen yang dihadirkan oleh presiden yang ingin melibatkan Demokrat dalam pemerintahan beliau, dan ini masa yang penting karen masa transisi kepemimpinan nasional 2024-2029, perlu dilakukan secara seksama,” ujarnya.

“Dengan bergabungnya kami ke pemerintahan artinya Demokrat, dilibatkan dalam transisi pemerintahan dan meyakinkan mengawal sukses sampai dengan akhir dan mengawali pemerintahan 5 tahun ke depan dengan baik,” pungkas AHY

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!