Zelensky presiden ukraina

TajukPolitik – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat malu di dunia internasional atas bantahan Presiden Ukraina Volodmyr Zelensky memberikan pesan khusus kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Setelah kunjungan Jokowi, Rusia masih menggempur Ukraina,” demikian dikatakan pengamat politik Muslim Arbi, Ahad (3/7).

Kata Muslim, kebiasaan Jokowi yang berbohong juga dilakukan di dunia internasional.

“Para buzzer tertipu atas pernyataan Jokowi yang mengklaim membawa misi khusus Presiden Ukraina Volodmyr Zalenskyy,” jelasnya.

Muslim mengatakan, Jokowi sendiri tidak bisa mendamaikan perdamaian di Papua.

“Di dalam negeri Jokowi sulit mendamaikan gejolak di Papua,” ungkapnya

Sebelumnya diberitakan, Kantor Presiden Ukraina menyatakan Zelensky hanya akan menyampaikan pesan kepada Putin secara terbuka. Hal tersebut disampaikan oleh Serhii Nikiforov, sekretaris pers untuk Kantor Presiden Ukraina.

“Indonesia adalah salah satu importir gandum terbesar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan Ukraina adalah fokus utama pembicaraan antara presiden [Indonesia dan Ukraina] di Kiev,” ujarnya, seperti dikutip dari Ukrainska Pravda, Ahad (3/7).

Rusia, menurut Nikiforov, memikul tanggung jawab penuh untuk gangguan ekspor gandum Ukraina ke Indonesia, serta ke bagian lain dunia. Rusia akan bertanggungjawab atas krisis pangan yang bisa terjadi kecuali pelabuhan Ukraina segera diblokir. Inilah yang dibahas secara detail oleh Zelensky dengan Presiden Jokowi. Terkait soal pesan Zelensky ke Putin, ia menyatakan.

“Pesan apapun, jika Presiden Ukraina ingin berbicara kepada seseorang, dia melakukannya secara terbuka, dalam pidato hariannya,” ujar Nikiforov

Awalnya, beberapa hari lalu, media massa lokal memberitakan terkait kesediaan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk membawa pesan Presiden Volodymyr Zelensky kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

 

Jokowi ke Ukraina pada Rabu (29/6/2022) dan menawari Zelensky jika ingin titip pesan ke Putin, yang akan dia kunjungi keesokan harinya.

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” kata Jokowi.

 

Kemudian saat Jokowi di Rusia, Presiden Indonesia tersebut mengatakan bahwa sudah menyampaikan pesan Zelensky ke Putin.

 

“Saya menyampaikan pesan Presiden Zelensky kepada Presiden Putin,” kata Jokowi dikutip dari AFP, setelah berbicara dengan pemimpin Rusia tersebut.

Serhii Nikiforov Sekretaris Pers Kantor Kepresidenan Ukraina berujar, sebenarnya jika Zelensky ingin mengucapkan sesuatu ke Putin, dia bisa melakukannya secara terbuka dalam pidato harian.

 

Nikiforov mengatakannya kepada media lokal Ukrainska Pravda. Komentarnya juga dikutip media Rusia TASS.

 

Serhii Nikiforov lebih lanjut mengatakan, topik pembicaraan utama saat Jokowi ke Ukraina adalah blokade pelabuhan Ukraina yang membuat ekspor biji-bijian terganggu.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!