Terima Pangkat Jenderal TNI Kehormatan, Kelakar Prabowo: Kayaknya Berat Ya

Jenderal TNI Kehormatan

TajukPolitik – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sempat berkelakar usai dianugerahi pangkat Jenderal TNI Kehormatan oleh Presiden Joko Widodo dalam Rapat Pimpinan (rapim) TNI-Polri di Mabes TNI, Jakarta Timur, Rabu (28/2).

Momen itu terjadi setelah Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan tiga kepala staf angkatan TNI meninjau alutsista yang digelar.

Usai meninjau, Prabowo berpamitan kepada sejumlah pejabat itu. Sebelum menaiki mobilnya, ia sempat menanggapi pertanyaan para jurnalis terkait penganugerahan pangkat Jenderal TNI Kehormatan .

“Kayaknya berat ya,” kata Prabowo sembari menepuk dada kirinya. Ia lalu tertawa dan naik mobil untuk beranjak dari Mabes TNI.

Sebelumnya, Presiden Jokowi resmi menganugerahkan pangkat berupa Jenderal TNI kehormatan kepada Prabowo.

Pemberian pangkat itu didasari Keppres Nomor 13/TNI/Tahun 2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang Penganugerahan Pangkat Secara Istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan.

Jokowi mengatakan pada 2022, Prabowo sudah menerima anugerah Bintang Yudha Dharma Utama. Anugerah tersebut diberikan atas jasa Prabowo di bidang pertahanan.

Jokowi menyebut pemberian anugerah itu telah melalui verifikasi dari Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Berdasar anugerah itu, Panglima TNI lalu mengusulkan agar Prabowo diberi kenaikan pangkat secara istimewa.

“Jadi semuanya memang berangkat dari bawah. Berdasarkan usulan Panglima TNI saya menyetujui untuk memberikan kenaikan pangkat secara istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan,” kata Jokowi.

Prabowo merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1974 dan pernah menduduki sejumlah jabatan top di ABRI. Dia pernah menjabat sebagai Danjen Kopassus hingga Panglima Komando Cadangan Strategis (Pangkostrad).

Prabowo pun pernah memimpin misi pembebasan sandera di Mapenduma, Papua guna membebaskan peneliti dari Ekspedisi Lorentz 95 dari berbagai negara pada 1995 silam.

Pangkat terakhir Prabowo saat pensiun dari ABRI adalah Letnan Jenderal. Setelah itu, Prabowo terjun ke politik bersama Partai Golkar lalu Partai Gerindra. Kini adalah calon presiden nomor urut dua di Pilpres 2024.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!