Survei Indopol Tiga Kali Skema Simulasi Paslon, Pasangan Anies-AHY Posisi Tertinggi

TajukPolitik – Lembaga survei Indopol membuat simulasi pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024. Dari tigakali simulasi ternyata apasangan Anies-AHY paling unggul diantara psangan lainya.

Ada 4 paslon yang disimulasikan, posisi tertinggi diduduki pasangan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Survei Indopol dilakukan dalam kurun 24 Juni-1 Juli 2022 dengan total responden 1.230 orang yang diambil dari seluruh provinsi. Survei diambil secara tatap muka dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei ini 2,8% serta tingkat kepercayaan 95%.

Direktur Indopol Ratno Sulistiyanto mengatakan simulasi paslon itu dibuat berdasarkan 4 poros yang saat ini terbentuk, di antaranya PDIP, Gerindra-PKB, NasDem-Demokrat-PKS, dan Golkar-PPP-PAN atau KIB.

“Ketika kami mensimulasikan pasangan dengan asumsi empat poros dan tiga poros, dengan asumsi poros pertama adalah PDIP, kemudian poros kedua adalah Gerindra-PKB, poros ketiga adalah NasDem-Demokrat-PKS, sementara poros empat KIB,” kata Ratno dalam jumpa pers virtual, Jumat (15/7/2022).

Indopol kemudian membuat 3 kali simulasi dengan diikuti 4 paslon dari keempat poros tersebut. Hasilnya paslon Anies-AHY mendapat elektabilitas tertinggi.

“Maka ini pasangan Anies dan AHY menempati posisi yang teratas dengan 34,72 persen. Meskipun kemudian yang belum menjawab masih banyak, yaitu 36,50 persen,” kata Ratno.

“Pasangan Puan Maharani-Erick Thohir 2,93 persen, kemudian Prabowo-Cak Imin 17,40 persen, kemudian Ganjar dan Airlangga 22,03 persen ini masih tetap Anies-AHY menduduki posisi teratas,” lanjutnya.

Berikut simulasi lengkap simulasi paslon dari 4 poros:

Simulasi pertama
Puan-Erick Thohir: 4,88%
Prabowo-Cak Imin: 20,08%
Anies-AHY: 34,72%
Airlangga-Khofifah: 3,82%
Tidak tahu 36,50%

Simulasi kedua
Puan-Erick: 2,93%
Prabowo-Cak Imin: 17,40%
Anies-AHY: 30,08%
Ganjar-Airlangga: 22,03%
Tidak tahu 27,56%

Simulasi ketiga
Puan-Erick Thohir: 2,52%
Prabowo-Cak Imin: 16,50%
Anies-AHY: 30,00%
Ganjar-Khofifah: 24,55%
Tidak tahu: 26,42%

Anies-AHY sendiri banyak yang menggadang-gadang akan diusung oleh NasDem, Demokrat, dan PKS. Seperti diketahui Anies Baswedan yang namanya muncul sebagai Capres dari NasDem tentunya sangat mungkin disusung partai besutan Surya paloh tersebut karena dia juga salahsatu deklarator partai tersebut.

Sedangkan PKS yang berbasis pemilih islam juga cenderung kan menjagokan Anies Baswedan sebagai Capresnya. AHY sebagai ketum Demokrat tentunya akan diusulkan sebagai jagoan dari partai berlambang bintang Mercy tersebut. AHY sebagai sosok pemimpin muda juga tidak akan menemui kendaladan mudah diterima oleh NasDem dan PKS.

Jadi sebuah keniscayaan jika pasangan Anies-AHY ini akan bertarung pada pilpres mendatang dan disusung oleh NasDem, PKS, dan Demokrat.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!