Minggu, 23 Juni, 2024

Soal Target Penurunan Stunting dari 37% ke 14% , Presiden Jokowi: Terlalu Ambisius!

Tajukpolitik – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti target ambisius pemerintah dalam menurunkan angka stunting di Indonesia.

Jokowi menyampaikan bahwa target penurunan stunting dari 37% menjadi 14% merupakan tantangan besar yang memerlukan usaha ekstra dari semua pihak.

“Kita memiliki target yang sangat ambisius, dari 37% melompat ke 14%. Ini sangat ambisius, tetapi kita harus bekerja keras untuk mencapainya,” ujar Jokowi di Posyandu Taman Sawo, Kebayoran Baru, Jakarta, pada Selasa (11/6).

Presiden Jokowi menegaskan bahwa ia akan terus memantau progres penurunan stunting hingga akhir tahun. Mengingat kembali pada 2014, angka stunting di Indonesia berada pada kisaran 37%.

Meskipun mengalami penurunan di tahun-tahun berikutnya, kemajuannya belum signifikan.

“Selama 9 tahun, angka stunting turun menjadi 21%. Memang, kemarin hanya turun sedikit, 0,1%, namun usaha dan kerja keras yang telah dilakukan oleh daerah dan posyandu harus kita apresiasi,” ungkap Jokowi.

Jokowi juga menekankan bahwa masalah stunting tidak hanya terkait dengan asupan makanan, tetapi melibatkan berbagai faktor lain seperti sanitasi dan lingkungan.

“Stunting bukan hanya masalah makanan dan gizi, tetapi juga menyangkut sanitasi, lingkungan kampung, lingkungan RT, dan masalah air yang sangat berpengaruh. Oleh karena itu, perlu kerja sama yang terpadu dan terintegrasi untuk mencapai hasil yang optimal,” tambahnya.

Dalam menghadapi tantangan ini, Jokowi menyerukan kerja sama dari semua lapisan masyarakat dan pemerintahan.

Upaya bersama dan kerja terintegrasi diharapkan dapat menunjukkan hasil yang signifikan dalam menurunkan angka stunting di Indonesia.

“Kerja bareng-bareng, kerja bersama, kerja terintegrasi, kerja terkonsolidasi. Dengan pendekatan seperti ini, hasilnya akan terlihat,” tutup Jokowi.

Penurunan angka stunting di Indonesia merupakan prioritas pemerintah yang membutuhkan kolaborasi dan kerja keras dari semua pihak.

Dengan target yang sangat ambisius, Presiden Jokowi menegaskan pentingnya usaha yang berkelanjutan dan sinergi antar lembaga untuk mencapai tujuan ini.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!