Puji Kinerja Menteri ATR/BPN, PKS Doakan AHY Kembali Jadi Menteri

PKS puji kinerja menteri AHY

TajukPolitik – Anggota DPR Komisi II dari Fraksi PKS Aus Hidayat Nur mengapresiasi kinerja Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Menurut politisi PKS ini, sejak menjabat Menteri ATR/BPN, AHY mulai membuat gebrakan dalam memberantas mafia tanah.

“Menteri AHY tidak terlihat kikuk dalam mengurus masalah yang baru baginya. Bahkan diawal menjabat saja sudah ada progress yang berarti,” puji Aus, dikutip dari laman Fraksi PKS, Kamis (9/5/2024).

Aus pun mendorong AHY untuk melanjutkan gebrakannya dengan menuntaskan persoalan dan konflik tanah yang melibatkan masyarakat bawah, termasuk di Kalimantan Timur yang merupakan daerah pemilihan Aus.

Dalam hal ini, Aus mencontohkan sengketa lahan untuk proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, di mana warga sempat menolak untuk digusur.

Selain itu, dia juga menyinggung soal petani dan pekebun yang terlibat konflik di beberapa tempat dengan konglomerasi yang menguasai tambang.

Menteri AHY saat ini ditunggu keberpihakannya kepada masyarakat kecil yang lemah. Di Kalimantan Timur, terdapat beberapa masalah yang menimpa mereka,” ujarnya.

“Misalnya konflik lahan di IKN, sengketa antara petani dan perusahaan tambang, bahkan ada juga sengketa tanah antara warga dengan aparat,” jelas Aus.

Jika AHY mampu mengatasi berbagai persoalan dan konflik tanah yang melibatkan masyarakat bawah, Aus mengaku akan mendoakan Ketua Umum Partai Demokrat itu untuk kembali terpilih menjadi menteri di pemerintahan baru yang akan dipimpin Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Bila Bapak Menteri terbukti berpihak pada rakyat kecil, saya doakan semoga Bapak terpilih lagi di kabinet berikutnya untuk melanjutkan gebrakan-gebrakan yang lain,” tutur Aus.

nalis Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio meyakini, AHY akan kembali dilantik menjadi Menteri di kabinet Prabowo-Gibran.

“Bahkan saya memprediksi akan ada kader Demokrat lain yang mendampingi dia sebagai Menteri,” kata Hensat akrab disapa kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (9/5).

Saat ini AHY menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sisa masa jabatan periode 2019-2024. AHY dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2).

Hensat yang juga founder Lembaga Survei Kedai Kopi itu menduga, AHY akan kembali ditempatkan menjadi Menteri ATR/BPN. Alasannya karena kinerja AHY yang cukup memuaskan dan menyatakan berani memberantas mafia tanah.

“Selama ini berada di ATR/BPN nggak ada keluhan, jadi artinya sangat mungkin dia berada di posisi yang sama dan kemungkinan juga akan mendapatkan kursi lain untuk kader Demokrat lainnya,” pungkas Hensat.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!