Selasa, 18 Juni, 2024

Prabowo Temui PM Singapura, Fokus pada Kerja Sama Pertahanan

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

TajukPolitik – Presiden terpilih Prabowo Subianto bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lawrence Wong di Istana Singapura pada Sabtu, 1 Juni 2024. Prabowo menyampaikan keinginan untuk mempererat kerja sama di bidang pertahanan.

Prabowo dan delegasi Indonesia melawat ke Singapura untuk acara International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue Edisi ke-21 tahun 2024. Ketua Umum Partai Gerindra ini menghadiri opening reception pada Jumat, 31 Mei 2024, yang digelar di Hotel Shangri-La Singapore.

Lawrence menyambut Prabowo di Istana Singapura pada Sabtu pagi. Lawrence belum lama ini terpilih sebagai PM Singapura menggantikan posisi Lee Hsien Loong, yang mengundurkan diri setelah menjabat selama dua dekade.

Prabowo menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kepemimpinan Lawrence dan Lee. Menteri Pertahanan ini juga menghargai terjalinnya hubungan komunikasi yang baik antar Indonesia dan Singapura yang telah berjalan hingga saat ini.

“Indonesia berkomitmen untuk mempererat hubungan bilateral dengan Singapura. Kemhan RI siap meningkatkan kerja sama pertahanan terutama setelah berlakunya Defense Cooperation Agreement (DCA), meliputi latihan bersama, keamanan maritim, dan program pertukaran pendidikan,” kata Prabowo.

Belum ada keterangan yang dibagikan oleh kantor Perdana Menteri Singapura mengenai pertemuan dengan Prabowo.

Prabowo dijadwalkan juga akan menyampaikan special address pada Sabtu sore, 1 Juni 2024. Pidato Prabowo akan dimoderatori langsung oleh Executive Chairman IISS yakni, John Chipman.

Lawrence dilantik pada Rabu, 15 Mei 2024, sebagai PM keempat sepanjang sejarah negeri Singa. Pria 51 tahun, berasal dari kelompok yang disebut pemimpin “4G”, generasi baru politikus yang dipilih oleh Partai Aksi Rakyat (PAP) – partai yang sudah lama berkuasa, untuk mengambil alih Singapura.

Usai dilantik, Lawrence berjanji melakukan yang terbaik untuk menjadikan Singapura masyarakat yang inovatif, lebih adil, dan setara bagi 5,9 juta penduduk negara tersebut.

Sebelumnya, Lawrence telah berkunjung ke Indonesia bersama dengan Lee Hsien Loong pada 29 April 2024. Jokowi menerima Lee, yang saat itu masih menjabat Perdana Menteri dan Wong sebagai wakil perdana menteri di Istana Kepresidenan Bogor.

Pada kesempatan tersebut Jokowi juga memperkenalkan Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih hasil Pemilu Presiden 2024. Kedua pemimpin menyatakan komitmen untuk mempererat kerja sama di berbagai bidang.

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!