Prabowo dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Bertemu di Singapura Bahas Pertahanan

prabowo bertemu Zelensky

TajukPolitik – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Singapura untuk membahas berbagai isu penting terkait pertahanan. Pertemuan ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara.

“Salam hangat dan apresiasi kepada Presiden Ukraina atas inisiatif pertemuan hari ini, khususnya untuk membahas persoalan pertahanan,” ujar Prabowo dalam keterangannya, Minggu (2/6).

Di tengah tantangan keamanan global dan regional, baik Prabowo maupun Zelensky menegaskan pentingnya menjaga perdamaian dan keamanan internasional di tengah terjadinya sejumlah konflik dan ancaman terorisme. Kedua negara sepakat perlunya melakukan dialog damai dan solusi melalui upaya diplomatik.

Isu-isu kemanusiaan, khususnya situasi di Gaza, juga menjadi agenda pembahasan, di mana Indonesia dan Ukraina sama-sama menekankan urgensi memberikan bantuan kemanusiaan dan memastikan akses ke populasi yang terdampak di zona konflik.

Selain itu, kedua negara membuka peluang untuk berkolaborasi pada sektor industri pertahanan melalui transfer teknologi. Hal ini menunjukkan keterbukaan antara Indonesia dan Ukraina dalam memperluas kerja sama di bidang pertahanan dan teknologi militer.

“Di tengah tantangan keamanan global dan regional, kita harus bersatu untuk menjaga perdamaian dan stabilitas,” kata Prabowo. Kedua pemimpin ini juga menekankan pentingnya dialog dan solusi diplomatik sebagai cara untuk mengatasi berbagai konflik dan ancaman terorisme yang ada di dunia saat ini.

Kolaborasi di sektor industri pertahanan ini diharapkan dapat memperkuat kemampuan pertahanan kedua negara dan mendorong perkembangan teknologi militer yang lebih maju. Transfer teknologi ini akan membuka peluang baru bagi industri pertahanan di Indonesia dan Ukraina, menciptakan inovasi dan peningkatan kapasitas yang signifikan.

Isu kemanusiaan juga tidak luput dari perhatian dalam pertemuan ini. Situasi di Gaza menjadi salah satu topik utama, dengan penekanan pada urgensi memberikan bantuan kemanusiaan dan memastikan akses ke populasi yang terdampak di zona konflik. Prabowo dan Zelensky sepakat bahwa bantuan kemanusiaan adalah bagian penting dari upaya menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan yang dilanda konflik.

Pada akhir pertemuan, Prabowo menegaskan komitmen Indonesia untuk terus membangun hubungan pertahanan yang kuat dan saling menguntungkan dengan Ukraina. “Kita akan memperkuat komitmen Indonesia untuk membangun hubungan pertahanan yang kuat dan saling menguntungkan dengan Ukraina,” ucap Prabowo.

Pertemuan ini diharapkan dapat menjadi awal dari kerjasama yang lebih erat antara Indonesia dan Ukraina dalam berbagai bidang, terutama dalam menghadapi tantangan keamanan dan kemanusiaan yang ada di dunia saat ini. Dengan adanya dialog dan kolaborasi yang konstruktif, kedua negara berharap dapat mencapai perdamaian dan stabilitas yang lebih baik di masa depan.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!