PKB Mantap Berkoalisi dengan Gerindra, PKS Sebut Koalisi Semut Merah Bubar

TajukPolitik – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan berkoalisi dengan Partai Gerindra dalam menyongsong gelaran Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Menanggapi hal itu, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengatakan, Koalisi Semut Merah yang sebelumnya dibentuk oleh PKS dan PKB dipastikan bubar.

“Iya ya otomatis (batal koalisi semut merah PKS-PKB),” kata Syaikhu kepada wartawan di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Jumat (29/7/2022).

Meski begitu, ia mengaku tetap menghormati keputusan partai politik (parpol) yang telah melakukan penjajakan mencari kawan koalisi.

Termasuk, kata Syaikhu, keputusan koalisi yang disepakati PKB dan Gerindra. Ia menyambut positif kerja sama kedua partai menjelang Pilpres 2024

“Tentu kita menhormati kalau ada partai-partai yang mau melakukan koalisi. Kalau PKB dengan Gerindra kita hormati lah,” ujarnya.

Menurut dia, dengan banyak parpol yang berkoalisi semakin banyak pula pasangan yang akan mengikuti kontestasi elektoral 2024.

“Bagian dari apa namanya yang harus kita jaga bersama agar banyak lagi kandidat yang bisa maju dalam kontestasi pemilu 2024,” ungkap dia.

Sebelumnya, DPP PKB membuka pintu untuk berkoalisi dengan PKS di Pilpres 2024 mendatang.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menilai bila kedua partai itu bergabung, persoalan politik identitas yang ada di Indonesia akan selesai.

“Apakah misalkan PKB dengan PKS mungkin berkoalisi? Sangat mungkin jika koalisi itu menjanjikan harapan menang dan menjanjikan harapan ke arah yang lebih baik. Serahkan ke PKB sama PKS, selesai itu politik identitas,” ujar Jazilul kepada wartawan, Rabu (8/6/2022).

Keduanya merupakan parpol yang lahir di era reformasi dan sama-sama memiliki basis suara yang kuat di basis suara kelompok Islam.

Jazilul juga meyakini peluang meraih kemenangan di Pilpres 2024 juga sangat besar.

Ia mengingatkan pada 1999, PKS dan PKB dan partai berbasis Islam lainnya yang masuk dalam Koalisi Poros Tengah dapat mengantarkan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sebagai presiden RI ke-4.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!