Pengawal Puan Maharani Kasar Terhadap Wartawan Saat Liputan, IJTI Cirebon Akan Lapor Dewan Pers

puan maharani

TajukPolitik – Kunjungan Ketua DPR RI Puan Maharani ke kawasan pesisir Cangkol Kota Cirebon diwarnai aksi saling dorong antara petugas pengawalan dan sejumlah wartawan yang tengah bertugas melakukan peliputan.

Insiden aksi saling dorong tersebut bermula, saat sejumlah awak media tengah melakukan tugas peliputan terhadap kunjungan Ketua DPR RI Puan Maharani ke kawasan pesisir Cangkol Kota Cirebon.

Terdapat salah seorang oknum petugas pengawalan Puan Maharani melakukan tindakan yang kurang mengenakan terhadap sejumlah awak media yang tengah meliput kegiatan anak dari Megawati Soekarnoputri tersebut.

“Saat itu kami sedang meliput kegiatan Puan Maharani yang tengah menyapa warga pesisir. Tiba-tiba oknum pengawal itu datang dan mendorong kami, tentu saja kami tidak terima, “kata Cholid Mawardi selaku Sekretaris Ikatan Jurnalis Televisi Cirebon Raya. Senin (04/07/2022)

Bahkan, lanjut Cholid oknum pengawal Ketua DPR RI Puan Maharani juga sempat melarang sejumlah awak media untuk mengambil gambar saat Puan Maharani masuk ke Rumah warga sekitar.

“Kami juga sempat dilarang masuk ke rumah warga. Alasannya yang boleh masuk ke rumah hanya khusus tim Media DPR, “katanya.

Lanjut Cholid Mawardi. Ia sebagai perwakilan dari Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI), sangat menyayangkan atas adanya oknum pengawal Puan Maharani, yang melarang sejumlah awak media saat melakukan peliputan kegiatan Puan Maharani.

“Tindakan yang dilakukan oleh oknum pengawal itu, merupakan bentuk tindakan penghalangan kebebasan pers indonesia. Dan atas kejadian ini, kami akan melaporkannya ke Dewan Pers, “katanya.

Hal yang sama dirasakan oleh Erfan Septiawan salah seorang jurnalis televisi yang bertugas di wilayah Cirebon. Ia juga merasakan hal sama, mendapat tindakan tidak mengenakan yang dilakukan oleh oknum pengawal.

“Saya sempat ditarik saat mengambil gambar atau melakukan peliputan. Namun, beruntung saat kami jelaskan bahwa kami mendapatkan izin untuk mengambil gambar, “katanya.

Video kejadian tersebut pun sempat viral di akun tiktok eko_jhones, nampak pengawal petinggi PDIP tersebut mendorong sejumlah wartawan yang sedang bertugas. Sampai tulisan ini dimuat sudah lebih dari 700 ribu view.

https://vt.tiktok.com/ZSdog7gQb/?k=1

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!