Pengamat Sebut Duet Anies-AHY Sebagai Pasangan Capres Bakal Terwujud

Anies-AHY

TajukPolitik – Pengamat politik Refly Harun menyebutkan bahwa kemungkinan duet antara Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (Anies-AHY) sebagai capres 2024 bakal terwujud.

Diketahui jika NasDem, Demokrat, serta PKS membentuk koalisi dalam pemilihan presiden mendatang, maka pasangan Anies-AHY bisa terwujud sebagai capres 2024.

“Jadi perekatan antara bapak, anak dan partai itulah yang membuat pasangan Anies-AHY bisa terwujud, hanya memang masih ada hitung-hitungan,” jelasnya.

Kunci agar duet antara Anies-AHY bisa terealisasikan ada di Ketua Umum NasDem Surya Paloh, karena partai mereka perlu berkoalisi.

“Kuncinya adalah menurut saya terwujudnya ini lebih di Surya Palohnya, kok Surya Paloh aneh ya, padahal bukannya Surya Paloh sudah membuat sebuah keputusan untuk menggadang-gadang Anies Baswedan.”

“Karena mereka merasa bahwa mereka bukanlah partai yang bisa mengusung sendiri, mereka perlu berkomunikasi,” ungkapnya yang dikutip dari YouTube Refly Harun, Minggu (3/7).

Refly Harun mengatakan bahwa mitra koalisi NasDem yaitu PKS mendukung Anies Baswedan, sedangkan Demokrat memang tidak pro Gubernur DKI tersebut, namun jika bisa dipasangkan dengan AHY maka bisa dilakukan.

Sebagai sosok kandidat calon presiden (Capres) yang bahkan saat ini sering dikatakan terkuat di luar lingkar kekuasaan Jokowi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak pernah absen mendapat perhatian publik.

Elektabilitas yang selalu tinggi di beberapa lembaga survei juga menguatkan posisi Anies sebagai capres potensial di 2024.

Pembahasan mengenai calon wakil presiden yang kelak akan menemani Anies Baswedan pun juga tak kalah menarik. Di antara nama yang muncul adalah sosok Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Selain karena sering berada dalam kegiatan yang sama dan memunculukan kesak keakraban, posisi AHY yang merupakan anak dari Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga menjadi penguat. Hal ini karena Anies disebut sebagai “anak didik politik” dari seorang Jusuf Kalla (JK) yang tentu tidak bisa dilepaskan dari sosok SBY.

Hal ini juga direspons oleh Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun. Menurutnya duet Anies Baswedan dan AHY dianggap sudah okey.

“Kalau misalnya yang mau dipasangkan Anies dan AHY, sepertinya di atas kertas sudah okey,” jelas Refly melalui kanal Youtube miliknya, dikutip Minggu (7/3/22).

Tak berhenti sampai di situ, menurut Refly masih ada pihak yang masih untung dan rugi terkait wacana duet Anies-AHY.

Pihak tersebut adalah Partai NasDem. Sebagaimana diketahui, NasDem memilih 3 bakal calon presiden yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa.

“Salah satunya pastinya NasDem. Dia akan berhitung untung dan rugi,” lanjut Refly.

Sedangkan pihak yang akan mendukung penuh terkait pencalonan duet Anies Baswedan dan AHY ini adalah Partai Demokrat dan PKS.

AHY dan Demokrat menurut Refly tidak akan pikir-pikir lagi apabila duet itu benar-benar ditawarkan, sedangkan untuk PKS menurutnya akan meningkatkan elektabilitas partai.

“Yang sudah tidak pikir-pikir lagi pasti AHY dan pihak Demokrat. Kalau PKS ya barangkali mereka justru akan mendorong Anies karena barangkali akan mendongkrak elektabilitas mereka,” ujar Refly.

Menurut Refly, apabila koalisi yang secara komposisi keseluruhan berada luar istana sudah dibentuk, pilpres akan lebih menarik.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!