Selasa, 18 Juni, 2024

Minta PON XII di Aceh-Sumut Dipersiapkan dengan Matang, Hinca Panjaitan: PON Adalah Olimpiade Indonesia

TajukPolitik – Anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan meminta pihak penyelenggara menyiapkan PON XII dengan matang. Penyelenggaraan PON perlu dijaga integritas dan kewibawaannya.

“PON ini adalah Olimpiade Indonesia. Sekali 4 tahun yang harus kita kelola dengan baik. Kita jaga integritas dan kewibawaan. Jadi kita serius menangani itu,” kata Hinca usai melakukan kunjungan kerja Komisi III di Banda Aceh, Aceh, yang disiarkan melalui keterangan tertulis, Senin, 3 Juni 2024.

Hinca mengingatkan alasan pentingnya persiapan PON XII dikemas sebaik mungkin. Salah satunya, PON XII diselenggarakan hampir berbarengan dengan Pilkada serentak 2024, yakni pada September 2024.

“Dan yang paling menarik adalah soal waktu. Jadi karena Pilkada seluruh Indonesia terjadi pada waktu yang bersamaan, Agustus pendaftaran, sampai nanti itu (Pilkada) kan September, coblosnya November. Berarti dalam tahapan (penyelenggaraan) Pilkada itu saat kau kembali dan seterusnya, sehingga akan ada ketemu ya benturan waktu di situ,” kata Hinca.

Tak hanya persiapan, Legislator fraksi Partai Demokrat ini meminta pihak kepolisian mempersiapkan pengamanan penyelenggaraan PON XII dengan baik. Dia bahkan menyebut jika salah satu alasan Komisi III melakukan kunjungan kerja ke Aceh adalah untuk berkoordinasi langsung dengan Polda Aceh.

“Kita tadi menanyakan kesiapannya Polda untuk mengamankan. Ini penting sekali dan ternyata mereka belum siap betul dan minta bantuan dari pusat,” ucap dia.

Hinca juga sempat menyinggung soal kesiapan venue ketika meninjau langsung ke lokasi PON di Sumatra Utara. Dia menekankan kembali kesiapan Sumut dan Aceh untuk menyelenggarakan PON tersebut. Dia bahkan menyarankan agar PON ditunda setahun jika memang persiapannya belum matang.

“PON di Jayapura juga ditunda. Itu sesuatu yang biasa saja, tapi siklus 4 tahunannya kita jaga,” kata Hinca.

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!