Selasa, 18 Juni, 2024

Minta Pemerintah Stabilkan Harga Cabai, Herman Khaeron: Suplainya Harus Dipenuhi

TajukPolitik – Anggota Komisi VI DPR  dari Fraksi Partai Demokrat, Herman Khaeron menduga ada yang tidak wajar dalam kenaikan harga cabai.

Heman menduga ada spekulan yang bermain dalam hal ini. “Para pemain-pemain kartel dan spekulan mungkin sedang bermain,” ujarnya seperti dikutip tajukpolitik.com, Senin (18/12).

Menurutnya memang komoditas yang cepat busuk biasanya membuat harga melonjak karena produksi turun sedangkan permintaan tetap.

“Biasanya komoditas yang cepat busuk pada musim hujan, apalagi setelah melewati masa panen raya, harga kebutuhan melonjak karena permintaannya tetap, namun produksi menurun,” jelas Herman.

Politisi Demokrat ini sarankan pemerintah siap-siap harus melakukan operasi pasar untuk menekan tingkat harga.

“Pemerintah juga harus memindahkan stok cabai ke wilayah-wilayah yang memang membutuhkan, sehingga harganya bisa stabil. Saya kira tidak wajar harga cabai sampai Rp 120 ribu per kilogram,” tuturnya.

Dirinya menduga kenaikan harga yang sangat tinggi bisa saja permainan spekulan.

“Bisa saja ada permainan spekulan di balik kenaikan harga yang tinggi ini. Untuk antisipasinya, suplainya harus dipenuhi,” jelas Herman.

“Inilah tugas negara untuk mengatur perwilayahan komoditas yang menjadi konsumsi masyarakat,” lanjutnya.

Herman sarankan pemerintah harus melakukan intervensi terhadap pasar yang kenaikan harganya tidak wajar.

“Kementerian Perdagangan juga harus melakukan intervensi terhadap pasar-pasar yang kenaikan harganya sudah tidak masuk akal. Dengan cara melakukan pemindahan atas komoditas tersebut. Cabai di daerah yang tidak mahal, dibawa ke daerah yang mahal,” tukasnya.

Sementara itu Ikatan Perdagangan Pasar Indonesia (IKAPPI) mengkhawatirkan jika pasokan cabai rawit merah tidak bertambah pada akhir tahun, harga komoditas tersebut bisa tembus Rp 150.000 per kilogram (kg) di DKI Jakarta.

Ketua Umum IKAPPI Abdullah Mansuri mengatakan, saat ini rata-rata di DKI Jakarta harga cabai rawit merah tembus Rp 120.000 per kg. Kemudian harga cabai lainnya juga terpantau naik seperti cabai tw atau merah besar tembus Rp 100 ribu per kg.

“Rata-rata cabai rawit Rp 90.000-120.000. Kemarin sempat naik itu cabai memang relatif masih Rp 100.000, kalau cabai keriting merah Rp 80 ribu-an,” kata Mansuri, Senin (18/12).

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!