Menhan Prabowo dan Menhan AS Bahas Modernisasi Alutsista di Forum Shangri-La Dialogue 2024

prabowo bertemu menhan AS

TajukPolitik – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd J Austin III di sela-sela kegiatan forum IISS Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura. Pertemuan tersebut difokuskan pada pembahasan mengenai modernisasi alat utama sistem pertahanan (alutsista) Indonesia.

Prabowo menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan AS dalam kerja sama untuk memodernisasi peralatan pertahanan Indonesia guna memenuhi kebutuhan kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI). “Hal ini penting untuk pemenuhan kekuatan pokok TNI,” kata Prabowo dalam keterangan resmi Kementerian Pertahanan yang diterima di Jakarta, Ahad.

Selain membahas modernisasi alutsista, Prabowo dan Menhan AS  juga membicarakan penguatan kemitraan jangka panjang antara kedua negara serta mendiskusikan masalah kepentingan bersama. Menurut Prabowo, kedua negara menyadari pentingnya kerja sama bilateral dalam modernisasi pertahanan untuk mengembangkan kemampuan dalam menghadapi berbagai ancaman dengan efektif.

Prabowo mengucapkan terima kasih atas diskusi yang produktif antara Indonesia dan AS, dan berharap dapat terus berkolaborasi serta memperkuat ikatan antara kedua negara. “Kami berterima kasih atas diskusi yang produktif dan berharap dapat terus berkolaborasi serta memperkuat ikatan antara Indonesia dan AS,” ujarnya.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha menjelaskan bahwa kehadiran Prabowo dalam forum internasional ini menunjukkan peran aktif Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia dan memelihara stabilitas. “Kehadiran Menhan Prabowo dalam forum internasional ini menunjukkan peran aktif Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia dan memelihara stabilitas,” kata Edwin.

Shangri-La Dialogue menjadi kesempatan bagi para pemimpin negara dan pemangku kepentingan bidang pertahanan untuk membahas isu-isu strategis dan keamanan global. Forum ini mempertemukan pemimpin negara, pejabat pemerintahan, analis dan ahli dari lembaga think-tank, praktisi, serta akademisi. Forum yang digelar rutin tiap tahun di Singapura sejak 2002 oleh Institute for Strategic Studies (IISS) ini, menjadi wadah diskusi isu-isu strategis, geopolitik, pertahanan, dan keamanan.

Dalam pertemuan ini, baik Prabowo maupun Austin sepakat bahwa kolaborasi di sektor pertahanan sangat penting untuk memperkuat keamanan regional dan global. Mereka juga menekankan perlunya dialog terus-menerus dan kerja sama yang erat dalam menghadapi tantangan keamanan yang semakin kompleks.

Dengan adanya pertemuan ini, diharapkan hubungan bilateral antara Indonesia dan AS dalam bidang pertahanan akan semakin erat dan kuat, serta dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga stabilitas dan perdamaian dunia.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!