Minggu, 23 Juni, 2024

Masa Transisi Pemerintahan, Presiden Jokowi Umumkan Upacara 17 Agustus Digelar di IKN dan Jakarta

Tajukpolitik – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 akan dilaksanakan di dua lokasi sebagai bagian dari masa transisi pemindahan ibu kota negara.

Rencana ini mencakup penyelenggaraan upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Kepresidenan Jakarta.

“Ini adalah masa transisi dari Jakarta menuju IKN Nusantara agar perjalanan perpindahan ibu kota dapat terlihat jelas,” kata Jokowi setelah meninjau Posyandu Terintegrasi RW 02 RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/6).

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa upacara Hari Kemerdekaan di tahun-tahun mendatang kemungkinan besar akan dilaksanakan hanya di IKN, setelah Keputusan Presiden (Keppres) mengenai perpindahan ibu kota dikeluarkan dan sarana serta prasarana di IKN telah terbangun dengan sempurna, termasuk transportasi dan akomodasi.

“Saat ini, upacara tetap dilakukan di dua tempat. Namun, jika tahun depan sudah ada Keppres perpindahan ibu kota, maka upacara hanya akan dilaksanakan di IKN,” tambah Jokowi.

Presiden juga menyebutkan bahwa sejumlah tamu penting akan diundang untuk mengikuti upacara di IKN, termasuk para mantan presiden Republik Indonesia.

“Semua diundang, termasuk para mantan presiden,” ujar Jokowi.

Upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus tahun ini akan mencatat sejarah baru dengan pelaksanaannya di dua tempat berbeda: IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dan Istana Kepresidenan Jakarta.

Ini juga akan menjadi upacara terakhir bagi Presiden Joko Widodo sebagai kepala negara.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, mengonfirmasi bahwa skenario upacara tahun ini akan dibagi antara IKN dan Istana Kepresidenan Jakarta.

“Sebagian upacara akan dilakukan di IKN dan sebagian lagi di Istana Jakarta,” kata Muhadjir usai rapat terkait persiapan upacara peringatan kemerdekaan, Senin (10/6).

Jokowi akan memimpin langsung upacara di IKN, didampingi oleh presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan memimpin upacara di Istana Kepresidenan Jakarta, didampingi oleh wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 akan menjadi momen bersejarah dengan pelaksanaannya di dua lokasi berbeda, IKN dan Istana Kepresidenan Jakarta.

Ini merupakan langkah awal dari transisi pemindahan ibu kota dan diharapkan dapat memperlihatkan perjalanan perpindahan ibu kota negara dengan jelas.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!