Mantan Ketua PSI Sumbar Resmi Gabung Partai Demokrat

mantan ketua PSI Sumbar

TajukPolitik – Mantan Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sumatera Barat (Sumbar), Ari Prima, resmi dilantik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi salah satu pengurus DPD Partai Demokrat Sumbar periode 2022-2027 yang dipimpin oleh Mulyadi.

Kehadiran Ari Prima di partai berlambang “Bintang Mercy” itu tentu saja menimbulkan banyak pertanyaan. Lebih-lebih selama ini, tokoh muda Muhammadiyah Sumbar itu dikenal sebagai penggerak awal PSI di Sumbar. Setelah posisinya digantikan Faldo Maldini di awal 2019 lalu, Ari masih tetap menjabat sebagai Sekretaris PSI Sumbar.

Ari menegaskan bahwa dia bukan pindah partai dari PSI ke Demokrat. Sebab, dia sendiri sudah lama mengundurkan diri dan tak aktif di PSI. Namun, hal itu memang dilakukan secara diam dan terekspos ke publik.

“Kalau pindah partai, tentu saya masih aktif di PSI, ini tidak. Saya tak aktif lagi, sudah dua tahun dan juga sudah mundur,” katanya, Kamis (7/7/2022).

Dia mengaku bersyukur bisa diterima oleh Partai Demokrat dan kini dipercaya sebagai Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) oleh Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar, Mulyadi.

“Tentu ini awal yang baru bagi saya di tempat yang baru. Partai Demokrat memberikan kesempatan untuk berkarya dan ini menjadi tantangan baru lagi bagi saya,” katanya.

Sejak dua tahun terakhir, Ari Prima memang tidak terlihat aktif di kancah perpolitikan di Sumbar. Dia lebih fokus mengurusi bisnis di berbagai sektor. Selain itu, Ari juga aktif di berbagai organisasi, seperti pengurus alumnin UIN IB Padang, Fokal IMM dan sebagainya.

Sebagai anak muda, mantan Sekretaris DPD Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IMM) Sumbar itu terus berupaya menyalurkan pemikirannya untuk masyarakat. Tentu saja saluran utama untuk mewujudkan kemajuan daerah, tidak terlepas dari partai politik.

Hanya saja, Ari belum memasang target spesifik dalam menyonsong Pemilu 2024 mendatang. Dia hanya ingin berkontribusi bersama-sama dengan pengurus lainnya untuk mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di Sumbar.

“Yang jelas hari ini saya akan berjuang dengan Demokrat, sebuah partai besar yang punya sejarah hebat di Ranah Minang. Saat ini, Pak Ketum Demokrat dan Ketua DPD Demokrat juga sangat mendukung kami-kami yang muda untuk berkontribusi kepada masyarakat. Semoga saya pun bisa mengemban amanah ini,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melantik Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumatera Barat (Sumbar) periode 2022-2027 di Pangeran Beach Hotel Padang, Rabu (6/7/2022).

DPD Demokrat Sumbar kembali dikomandoi Mulyadi dengan Sekretaris Doni Harsiva Yandra dan Bendahara Darman Sahladi. Pengurus baru ini merupakan hasil dari Musyawarah Daerah (Musda) Partai Demokrat Sumbar ke-IV yang berlangsung pada 24 Mei 2022 lalu.

“Sebuah amanah yang tidak munah, tapi akan menjadi ringan apabila kita jalani bersama-sama,” kata AHY membuka sambutannya secara virtual.

Putra sulung SBY itu menyebutkan bahwa Sumbar merupakan provinsi yang penting dalam politik Indonesia. Selain menjadi salah satu barometer politik di Sumatera, Sumbar juga memiliki daya tarik bagi daerah dan provinsi lain di Indonesia.

“Sumbar adalah gudangnya intelektual, akademisi, tokoh-tokoh religius dan juga menjadi kekuatan politik dan sosial tersendiri. Besar harapan saya selaku Ketum, bahwa partai Demokrat di Sumbar bisa semakin sukses dan berjaya dalam Pemilu 2024 mendatang,” ujarnya.

“Saya tentunya doakan bisa kembali sukses dalam kontestasi politik berikutnya. Tetapi Partai Demokrat adalah partai terbuka untuk semuanya. Dan saya juga berharap pada saatnya semuanya bergiat untuk bisa menghadirkan tokoh-tokoh dan kader-kader baru,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Partai Demokrat Sumbar Mulyadi mengatakan, sebagai partai kader utamanya pernah memimpin Indonesia selama 10 tahun, Demokrat memiliki tempat di hati masyarakat Sumbar. “Ini menjadi pijakan untuk meraih kemenangan di masa depan,” katanya.

Menurutnya, Ketum AHY menjadi ikon dan magnet baru bagi Demokrat. Bahkan, menurut sejumlah data survei, bersama AHY, partai Demokrat kini berada di papan atas. “Ini jadi modal untuk meningkatkan semangat, tapi jangan cepat puas,” katanya.

Mulyadi juga melarang keras setiap kader untuk bermain-main dalam organisasi atau melakukan berbagai intrik manuver. Sebab, di Sumbar mataharinya adalah Ketua DPD Demokrat.

“Jangan coba-coba (bermain), kalau itu ada akan ditindak tegas. Jangan politisasi sesama kader. Politik itu ke luar, bukan ke dalam,” katanya.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!