Senin, 24 Juni, 2024

Legislator Demokrat Mendorong Kemendikbudristek Susun Acuan Study Tour Institusi Pendidikan

TajukPolitik – Anggota Komisi X DPR RI Bramantyo Suwondo mendesak pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset Teknologi (Kemendikbudristek) menyusun pakem dan acuan institusi pendidikan dalam penyelenggaraan study tour.

Hal itu disampaikan Bram sapaanya menanggapi tragedi kecelakaan yang menimpa rombongan study tour siswa SMK Lingga Kencana Depok di Kampung Palasari, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat, Sabtu malam (11/5/2024).

“Saya mendorong pemerintah melalui Kemendikbudristek untuk menyusun pakem atau acuan bagi institusi pendidikan dalam penyelenggaraan study tour,” kata Bram saat dikonfirmasi di  Jakarta, Senin,(13/5/2024).

Politikus Partai Demokrat ini menerangkan, pakem dan acuan bagi institusi pendidikan dalam penyelenggaraan study tour bisa mencakup definisi, standar keamanan hingga pembiayaan.

“Hal ini bisa mencakup definisi, standar keamanan, pembiayaan, tata cara maupun larangan
penyelenggaraan study wisata,” ungkap Bram.

Dengan acuan tersebut, Bram berharap, terbentuknya ruang diskusi dalam pelaksanaan study tour melibatkan pihak sekolah dan orang tua. Sehingga, urgensi dari setiap pelaksanaan study tour bisa dipertimbangkan bersama dengan lebih matang.

“Dengan acuan ini, diharapkan bisa membentuk ruang diskusi dalam pelaksanaan study tour yang melibatkan pihak sekolah dan orang tua. Sehingga urgensi dari setiap pelaksanaan study tour bisa dipertimbangkan bersama dengan lebih matang,” papar Bram.

Bram juga mendorong adanya, pemerintah untuk melakukan evaluasi total terhadap kondisi keamanan masyarakat dalam berkendara. Bram menilai, perlu ada langkah strategis pihak terkait untuk menekan angka kecelakaan khususnya pada transportasi darat.

“Pengawasan terhadap perusahaan penyelenggara atau penyedia bus pariwisata juga harus diperketat,” tutur Bram.

Tak lupa, Bram turut menyampaikan duka cita mendalam atas kecelakaan yang menimpa rombongan study tour SMK Lingga Kencana Depok di Kampung Palasari, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat.

“Saya turut berduka cita atas terjadinya kecelakaan yang menimpa rombongan study tour SMK Lingga Kencana Depok,” tandas Bram.

 

 

 

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!