Minggu, 23 Juni, 2024

Kembangkan Ekonomi Hijau, Presiden Jokowi Groundbreaking Nusantara Sustainability Hub di IKN

Tajukpolitik – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Nusantara Sustainability Hub di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu (5/6).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan bahwa transformasi menuju ekonomi hijau akan membawa perubahan signifikan terhadap kualitas udara di IKN dengan indeks kualitas udara yang lebih baik.

“Ke depannya, mobil-mobil berbahan bakar fosil tidak akan diizinkan masuk ke Nusantara. Hanya kendaraan listrik yang akan ada di Ibu Kota Nusantara ini. Kami berharap kualitas udara di IKN benar-benar di bawah 20,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden juga menegaskan bahwa investasi di IKN merupakan investasi dalam masa depan, terutama dalam pengembangan ekonomi hijau.

Dia mengapresiasi pembangunan Nusantara Sustainability Hub di IKN sebagai hasil kerja sama antara PT Pertamina, PT Bakrie, dan perusahaan lainnya.

“Ini akan menarik perusahaan-perusahaan lain dan universitas untuk bekerja sama di sini, sehingga menjadi showcase riset dan pengembangan ekonomi baru, terutama ekonomi hijau, di negara kita,” ucap Presiden.

Peletakan batu pertama ini menjadi langkah awal dalam pembangunan Nusantara Sustainability Hub yang diharapkan akan menjadi pusat inovasi dan pengembangan ekonomi hijau di Indonesia.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam acara tersebut adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang juga Plt. Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni, Kurator IKN Ridwan Kamil, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun, dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Pembangunan Nusantara Sustainability Hub di IKN diharapkan tidak hanya meningkatkan kualitas lingkungan, tetapi juga menarik minat investasi global di sektor ekonomi hijau.

Melalui kerja sama antara berbagai pihak, diharapkan IKN dapat menjadi model bagi pengembangan kota berkelanjutan di masa depan.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!